Wajah Mereka yang Tersisihkan

Ada pelukis yang suka melukis pemandangan, bunga, sebagian lagi suka melukis wajah manusia atau potret. Salah satunya adalah Alice Moloney – seorang desainer komunikasi dan ilustrator. Alice juga punya profesi sebagai periset dan pendidik. Keempat itu digabungkan dalam karyanya.

Alice yang baru lulus dari Royal College of Art pada tahun 2011 dengan gelar Master of Arts in Communication Art & Design ini, setelah sebelumnya menjadi lulusan terbaik di Kingston University jurusan ilustrasi pada tahun 2009 ini memang tergolong masih sangat muda, tapi dia mempunyai minat yang besar kepada mereka yang tersisihkan.

Untuk melengkapi tugas akhirnya di tahun 2009, Alice membuat sebuah proyek yang diberi judul “Criminals”. Inspirasi dari projek ini datang ketika Alice menemukan foto para tahanan tahun 1940-an di sebuah pasar loak, dan dia lalu ingin sekali bertemu dengan para narapidana yang menghuni Wandsworth Prison secara langsung. Untungnya, para petugas penjara dengan senang hati mau membantunya.

Pengalaman ini sangat berkesan bagi Alice. Ia mengaku, sebenarnya dirinya merasa sedikit takut berada di dalam satu sel dengan para napi, tapi ketakutan itu dikalahkan oleh keinginannya untuk menunjukkan sisi manusiawi para napi.

alice2

Dan baru-baru ini, di tahun 2014, Alice menghabiskan waktu selama seminggu di sebuah penitipan para manula, Newent House, yang terletak di pinggiran kota London. Alice nggak hanya berbicara kepada para manula, tapi dia juga mengamati kegiatan mereka. Dan pengamatannya itulah yang dilukiskan dengan cat air dan kuas.

Alice ingin membuktikan bahwa orang-orang lanjut usianggak kalah cantik, tampan, dan menariknya dibandingkan dengan mereka yang masih muda dan segar. Koleksi yang diberi judul “Newent House” ini berisi tentang potret diri para opa dan oma yang berusia 70 sampai 80 tahun.

o-GLASSES-900

o-NEWENT-HOUSE-900

Lalu, apakah perempuan muda yang cantik dan berbakat ini seorang pengangguran, sampai-sampai mau meluangkan waktunya untuk kegiatan seperti itu? Ternyata Alice sebenarnya adalah orang yang sangat sibuk. Alice yang berpendapat bahwa pendidikan itu amat sangat penting ini saat ini menjadi dosen seni di beberapa universitas, seperti Kingston University, Royal College of Art, dan Central Saint Martins. Nggak hanya itu, portofolio Alice juga diisi dengan nama-nama klien yang bergengsi seperti Nike, Ralph Appelbaum Associates, The Sunday Times, INT Works, Active Minds, dan Tom Daxon. Alice juga sering menjadi pembicara di banyak acara, juga sudah sering mengadakan pameran.

Hidup itu mungkin bukan hanya perkara mengejar uang dan karir, tapi juga memperhatikan mereka yang membutuhkan kasih sayang. Nggak ada orang yang mau merasa disisihkan, tapi ketika hal itu terjadi, masih maukah kita menyisihkan waktu, tenaga, atau bahkan sekadar hati kita untuk mereka?

Website: alicemoloney.com
Twitter: @AliceMoloney

Seperti Apa Cara yang Benar Memperlakukan Kopi?

Kebanyakan orang memilih ngopi untuk meredakan stres akibat kerjaan atau tugas-tugas kuliah. Sedemikian dekatnya kopi dalam kehidupan manusia, menjadikan sejumlah orang beranggapan minum kopi bisa menjadi cara untuk ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official