AJ Fosik

Kita lanjut lagi diajak berkenalan oleh Indie Artspace dengan seniman-seniman hebat. Di artikel sebelumnya kita sudah diajak kenalan dengan Jeremy Fish dan Audrey Kawasaki. Kali ini kita akan bahas seorang seniman patung/sculptor bernama AJ Fosik. Mari kita simak.

AJ Fosik adalah seorang seniman yang dibesarkan di Detroit, Michigan, ia mendapatkan BFA nya dari Parsons School of Design – New York. Meski di setiap karyanya ia banyak menggunakan media kayu, ternyata AJ Fosik agak ragu menyebut dirinya seorang sculptor. Karya seni Fosik dengan media kayu menunjukkan kekuatannya dalam mengeksplorasi suatu media untuk membuat sebuah metafora yang menghasilkan sebuah cerita dan pemahaman yang berbeda-beda. Dalam karyanya tersebut ia membuat figur dengan konstruksi 3 dimensi menggunakan susunan kayu. Figur yang sangat sering dibawa oleh Fosik adalah bentuk-bentuk binatang seperti beruang, banteng, atau makhluk-mahluk imajinatif.

Coba perhatikan dengan seksama detil yang diberikan oleh Fosik di karyanya berikut ini.

Karya Fosik memiliki tingkat kerumitan yang sangat kompleks karena visual yang dihasilkan terbentuk dari susunan potongan kayu. Apabila kita melihat karya Fosik dari depan, kita seakan melihat  sebuah karya dekoratif 2 dimensi yang berwarna-warni. Kalau kita melihat dari samping, maka akan nampak jelas betapa jeniusnya Fosik dalam memainkan dimensi setiap potong kayu sehingga dapat menciptakan visual dengan perspektif yang sempurna.

AJ Fosik juga sempat mengerjakan cover album band Mastodon berjudul The Hunter yang dirilis tahun 2011 lalu. Lihat deh cara pembuatan karyanya yang berjudul  ‘Sad Demon Oaths’ di bawah ini.

 

Pada bulan November 2011 yang lalu, Fosik baru saja menyelesaikan pameran tunggalnya yang diberi nama ‘Time Kills All Gods’. Pameran ini diadakan di Jonathan Lavine Gallery. Pada pameran tersebut Fosik menghadirkan karya patung yang lebih luar biasa, dengan tetap memakai ciri khas warna psychadelic yang menghipnotis.

Ini salah satu karyanya yg dipamerkan di pameran ‘Time Kills All Gods’  yang berjudul ‘The Shepherd Inevitably Consumes the Flock’.

Kamu bisa lihat karya-karya AJ Fosik lainnya untuk pameran ‘Time Kills All Gods’ di sini. Simak juga interview dengan AJ Fosik via video Youtube di bawah ini.

 

Gimana? Keren banget ya karya-karya AJ Fosik? Mau tau lebih banyak tentang dia, kamu bisa kunjungi website resminya di ajfosik.com.

 

About author

Semangat Kemerdekaan Para Seniman

Dari dulu hingga sekarang, peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus selalu diharapkan menjadi simbolisme pembaharuan semangat-semangat para pahlawan Indonesia saat merebut ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official