Indonesian Coffee Festival

Setelah sekian lama menyandang nama sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, akhirnya untuk pertama kalinya Indonesia akan mengadakan festival kopi atau yang dikenal dengan nama Indonesian Coffee Festival (ICF) tanggal 15-16 September besok di Ubud, Bali.

Sebelumnya, bulan Desember tahun lalu ICF udah mengadakan acara ‘pemanasan’ “Road to Indonesian Coffee Festival” yang banyak diisi oleh berbagai produsen, kafe , dan pengusaha kopi di wilayah Bandung. Kalau pengen tau kayak apa acaranya, baca di blognya Toni Wahid yah. Liputannya lengkap! Anak Bandung ada yang sempet lihat mungkin?

Menurut pemberitaan di media-media, festival kopi ini diadakan untuk mengenalkan jenis-jenis kopi Indonesia ke masyarakat lokal dan internasional, karena di Indonesia sendiri masih banyak orang yang belum tau tentang kopi lokal. Selain untuk mengenalkan jenis-jenis kopi Indonesia, festival ini juga ingin mengajak masyarakat untuk lebih mengenal lagi cara mengolah dan menyajikan kopi, serta mempromosikan agrowisata kopi sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan sekaligus mengenalkan kuliner kopi sebagai lifestyle. Hmm… Sounds familiar? Iya, tujuan ICF yang baru ditulis di kalimat sebelumnya itu sebenarnya sama dengan tujuan diadakannya kontes Miss Coffee Indonesia 2012 dan Putri Kopi Indonesia, dua kontes serupa dengan topik yang sama. Apa kabarnya ya Putu Anandita dan Laskary Andaly Metal Bitticaca si pemenang kedua kontes ini? Sebagai salah dua perwakilan dunia kopi Indonesia, seharusnya sih mereka hadir di ICF yah.

Kembail ke ICF, agenda besar acaranya nanti adalah barista workshop, bazaar kopi, dan kunjungan ke perkebunan kopi. Para panitia ICF yang terdiri dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemkab Gianyar, Kerajaan Ubud, Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, serta Komunitas Kopi dan blogger kopi sengaja mengambil tempat di Ubud mengingat Ubud adalah tempat pariwisata Indonesia yang udah terkenal di mata internasional.

Sayang sekali Kopling nggak bisa dateng karena jadwalnya ternyata nggak pas. Tapi kita berharap Indonesian Coffee Festival akan menyajikan konten berbeda dari acara-acara bertema kopi sebelumnya yang sebagian besar lebih bersifat gimmick ketimbang memberikan informasi dan edukasi ke orang banyak.

Terus… Kalau ada dari teman-teman Kopling yang dateng ke ICF dan mau nulis liputan untuk Kopling mention ke @KopiKeliling dong. Kita bakal seneng banget lho! Hehehe… Informasi lebih lanjut mengenai ICF kamu bisa kunjungi website resminya di indocoffeefest.com atau bisa nanya langsung via Twitter ke @Indocofeeubud kalau enggak puas sama websitenya *uhuk*.

About author

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official