Manual Brew: Aeropress

Manual Brew yang kali ini dibahas sesuai janji minggu lalu adalah Aeropress ya? Hhmm enaknya bahas dari mana ya? Manual brew ini unik banget soalnya. Alat ini punya banyak cara yang bisa bikin rasa minuman kopi yang kita buat jadi bermacam-macam. Menurut gue, metode ini sangat mudah untuk ngedapetin minuman kopi yang kaya akan rasa tapi juga bersih di akhir saat kita minum (clean after-taste). Nah sebelum kita membahas lebih jauh gue nemu ilustrasi metode Aeropress dalam bentuk video nih, semoga bisa jadi pengantar yang menarik buat kalian:

A Brewing Guide Episode 1: Aeropress from Stephen Leighton on Vimeo.

Gimana videonya? Menarik kan! Dari sepenglihatan gue, alat/metode Aeropress ini awalnya terinspirasi dari metode dengan jenis Immersion (Proses Ekstraksi melalui Pencelupan/Perendaman Kopi) dan juga dari alat jenis Press Pot (Contohnya French Press/Plunger). Tapiii, yang membedakan Aeropress dengan metode lainnya adalah kalo di metode Aeropress itu biasanya tidak terjadi Over-Extraction, karena setelah kopi terendam di dalam air sekitar 30-60 detik, kopi tersebut akan langsung ditekan dengan untuk disaring melalui kertas penyaring yang berada di bagian bawah alat tersebut. Rasanya gimana ya?? Kalo temen-temen mau bayangin, rasanya ini seperti campuran French Press dan Filter Coffee. Jadi rasa bold yang ada di French Press tapi di tengah rasa tersebut muncul rasa acidic (rasa asam yg bercampur dengan kandungan gula di kopi yang menghasilkan rasa asam yang gurih seperti asam buah-buahan) serta After-taste bersih seperti yang suka diemuin di minuman kopi yang menggunakan sistem saring (Filter Coffee).

Berikut ini ada foto-foto dari Bold Bean Coffee tentang tahapan membuat Aeropress Coffee:

Beberapa faktor yang bisa nanti temen-temen coba di rumah dan juga penting untuk diperhatiin saat bikin kopi menggunakan metode Aeropress adalah :
1. Cara memasang badan Aeropress (Biasa/Terbalik; Inverted/Non-Inverted Method)
2. Ukuran/Tingkat Kehalusan
3. Waktu Perendaman
4. Proses dan Lama Penekanan

Ini ada juga video dari CLIVE COFFEE yang ngasih liat contoh pembuatan metode Aeropress dengan tipe Inverted-Method

Aero Press Brewing Guide from Clive Coffee on Vimeo.

Kesimpulan dari gue, pokoknya alat ini layak banget untuk dimilikin soalnya kita bisa mendapatkan sebuah alat yang mampu menghasilkan rasa kopi yang ciamik dan menarik tapi dengan harga yang relatif terjangkau. Nah, terus alat ini juga mudah untuk dibawa saat kita berjalan-jalan loh, dia bahannya dari plastik dan enteng, jadi aman kalo kita simpan di tas. Asik kan! Bahkan pas mudik lebaran kemarin gue cukup membawa Aeropress, Porlex Hand Grinder, dan biji kopi House Blend-nya TOODZ HOUSE. Gue tinggal minta air panas di rumah keluarga dan tersajilah minuman kopi terbaik khas Indonesia, dengan cara yang tidak ribet tentunya.

Artikel oleh: @AndanuPrasetyo

 

 

 

 

About author

Artist Talk | Emte

Part of Kopi Keliling project 2011. This video is made to share the passion and creativity of young talented Indonesian artists. Support our local artists ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official