Melukis dengan Ristretto

illustration3216

Dirceu Veiga, selalu melukis dengan menggunakan kopi

Dirceu Veiga memang bukan pencinta kopi dan seniman pertama di dunia yang melukis dengan menggunakan kopi sebagai bahan untuk mewarnainya. Tapi seniman asal Brazil yang satu ini sangat konsisten dengan karyanya dan selalu menggunakan kopi sejak tahun 2007. Dirinya sama sekali nggak menggunakan cat lain selain kopi.

3418104075_be6fae5d20_b

3418914856_b69e8d906e_b

Proses Veiga dalam berkarya

Veiga mengawali karirnya pada tahun 1994 sebagai seorang ilustrator buku cerita anak-anak, dan ketika itu dirinya biasa membuat lukisan-lukisannya di coffee shop. Semakin lama, dirinya semakin sering mengunjungi coffee shop, karena di sanalah dia menemukan inspirasi terbesarnya. Kesibukan di pagi hari, harumnya kopi yang baru di seduh, suara cangkir kopi yang saling berbenturan, suara tawa manusia… Inilah yang membuatnya mengubah gaya melukisnya, karena dia sangat ingin menggabungkan kopi dan seni sekaligus.

3502345396_e9d6fcd6b3_o

Salah satu hasil karya Veiga

Ketika sedang bekerja, Veiga selalu mempunyai 2 cangkir kopi di atas meja: yang satu sebagai cat untuk lukisannya, dan satunya lagi tentunya untuk diminum. Terkadang, tanpa sengaja, kopi yang untuk dibuat cat pun diminumnya. Hehe.

pets-coffee-art

Salah satu hasil karya Veiga

Veiga sudah suka menggambar sejak masih kecil. Kakak sulungnya memang pandai melukis, sementara ayahnya yang mendukung hobi kedua putranya selalu membawa pulang kertas dan pensil warna. Menurut ayahnya, “mainan” yang disukai Veiga dan kakaknya itu murah.

Saat ini, kakak perempuan Veiga berprofesi sebagai seniman rajut, sementara adik laki-lakinya pelukis papan surfing yang karyanya sudah mendunia. Sudah tentu ketika mereka semua bertemu dan berkumpul, yang dibahas adalah seni dan kreativitas. Menyenangkan sekali ya!

Menurut Veiga, yang terpenting saat membuat lukisan dengan kopi sebagai catnya adalah bahwa kopi itu harus dipanggang dengan cara yang benar. Minuman kopi yang paling sering digunakan oleh Veiga untuk melukis adalah ristretto, dengan warna keeemasan. Selain karena warnanya, kepekatan dan kekentalannya pas.

Bukan hanya sebagai cat, ristretto juga minuman kopi kesukaan Veiga. Tanpa peduli waktu dan tempat, dia selalu memulai harinya dengan secangkir ristretto. Dan sebagai teman ngopinya, dia memilih churrasco asli Brazil.

fox-baixa

Beberapa hasil karya Veiga

Veiga menerima pesanan lukisan, tapi ketika dirinya tidak menerima pesanan, manusia yang paling sering dilukisnya adalah para selebriti, seperti yang dapat kita lihat di situs pribadinya.

Semangat Veiga ini pas banget ya dengan semangat Kopling. Kopi memang jodoh yang paling pas untuk seni, begitu pun sebaliknya.

Website: dveiga.com
Twitter: @FastIcon

Melukisi Teknologi Jadul

Teknologi selalu berubah, dan benda-benda yang dulu sangat penting beberapa di antaranya sekarang sudah lagi terpakai. Misalnya, kaset, video tape, disket, bahkan CD. Mereka semua ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official