6 Pelukis Kopi

Saturday, 5 May 2012

By Kopi Keliling

Membuat lukisan dengan medium kopi atau wine sudah bukan hal yang aneh. Lukisan kopi mengeluarkan warna coklat yang mirip seperti minumannya sehingga menghasilkan gambar yang unik dan sangat cantik. Nah sekarang ayo seduh secangkir kopi favoritmu dan mari kita lihat beberapa karya pelukis kopi ternama dunia bareng-bareng!

1. Angel Sarkela & Andrew Saur

Yang pertama adalah Angel Sarkela-Saur dan Andrew Saur, yang menyebut diri mereka sebagai Coffee Artists (Seniman Kopi). Selama lebih dari satu dekade, mereka telah melukis dengan kopi dan mengembangkan teknik unik yaitu membuat lapisan-lapisan kopi di kanvas. Karya-karya mereka meliputi lukisan obyek keseharian, yang digambarkan dengan kekayaan warna biji kopi. Yang menarik adalah banyak kemunculan cangkir kopi, pot kopi, dan biji kopi di dalam karya mereka. Mereka berdua nampaknya sangat menyukai minuman berwarna pekat ini.

 

2. Godfrey Caleb

Cerita dari Godfrey Caleb cukup menarik. Seperti banyak yang terjadi pada penemuan hebat lainnya, kecintaannya akan melukis dengan kopi juga terjadi secara ngga sengaja. Ia kebetulan menumpahkan kopi ke card paper dan dia diamkan dulu. Waktu lagi ngobrol di telepon, ia secara ngga sadar ngegambar di atas kertas yang ketumpahan kopi tadi, dan cukup terkesima dengan hasilnya. Langsung deh si arsitek yang sudah pensiun ini mulai membuat lukisan lanskap dan potret yang cantik dengan menggunakan kopi. Ia mengatakan bahwa ia suka meminum kopi sambil melukis dengan kopi juga, jadi ya kadang-kadang kuasnya nyemplung di cangkir yang salah sepertinya.

 

3. Karen Eland

Karen adalah seniman berbakat dari Tulsa yang hanya melukis menggunakan espresso. Karya-karya seninya meliputi kreasi ulang beberapa lukisan yang terkenal dalam sejarah seperti Perjamuan Terakhir dan Starry Night. Berkat karya-karyanya, ia banyak bermunculan di layar TV dan menjadi selebriti internet saat ini. Karen Eland menemukan gairah melukis dengan kopi juga secara ngga sengaja, saat ia sedang melukis dengan cat biasa di sebuah kedai kopi.

 

4. Hong Yi

Lukisan kopi milik Hong Yi berasal dari bentuk seni konvensional. Lukisannya unik dalam arti peralatan yang ia gunakan hanyalah kopi dan sebuah cangkir. Pernah mengira ngga kalau bekas kopi berbentuk bulatan cangkir kopi yang tersisa di meja dapat menghasilkan karya seni yang indah? Hong Yi melukis hanya dengan itu. Lukisannya yang mengagumkan dibuat dengan menorehkan bekas kopi berbentuk bulat tersebut. Karyanya yang paling terkenal adalah potret penyanyi dan penulis lagu asal Taiwan, Jay Chou, yang berukuran 3 x 5,5 kaki.

 

5. Sunshine Plata

Seniman asal Filipina ini memanfaatkan kopi instan untuk membuat lukisan lanskap pedesaan dan adegan-adegan yang unik. Lukisannya paling menonjol di antara yang lain karena ia menggunakan jenis kanvas yang ngga menghilangkan aroma kopi itu sendiri. Tekniknya adalah mencampur kuantitas kopi bubuk yang berbeda-beda ke dalam air, untuk memperoleh warna coklat yang beragam. Yang menarik adalah ia mulai melukis dengan kopi karena lebih murah dibandingkan cat biasa. Sunshine Plata juga mengatakan bahwa meskipun ia suka melukis dengan kopi, ia lebih menyukai minuman teh.

 

6. Steven Mikel

Steven Mikel dulunya adalah seorang koki dan saat ini bekerja sebagai pelukis paruh waktu dari Florida. Ia juga bekerja dengan komputer dan desain grafis. Seniman serba bisa ini telah berkecimpung di dunia seni kopi untuk beberapa lama sebelum akhirnya ia menekuni dengan serius. Kecintaannya melukis dengan kopi diawali karena ia tidak suka membuang sisa-sisa kopi. Steven membuat berbagai campuran dan reduksi kopi untuk menghasilkan warna coklat yang beragam, namun ia ngga ragu untuk mencelupkan kuas ke dalam cangkir kopi yang ia minum, demi sebuah karya seni.