Artist Talk: Diela Maharanie

Kopling punya segmen baru nih buat #ARTickle di Kopikeliling.com. Seperti yang kita ketahui bersama Kopi Keliling kan sudah ngadain 6 volume selama ini. Dan setiap volume Kopling menghadirkan visual artist muda berbakat dari berbagai kota di Indonesia.

Kalau di #ARTickle sebelumnya Kopling sudah ngobrol dengan Isrol Triono, kali ini Kopling menghadirkan kembali visual artist Kopi Keliling 2011 yaitu Diela Maharanie. Mungkin sebagian besar dari kamu sudah sering denger Kopling bahas tentang Diela. Mulai dari pameran-pamerannya di Volume 2 , Volume 3 dan volume 5, hingga artikel Postcard From The Zoo. Nah, kali ini kita akan tanya-tanya Diela tentang kesibukannya, dan juga proyek-proyek seru yang sedang dipersiapkan.

Yuk kita simak obrolan bersama Diela Maharanie.

 

Kopi Keliling (KK): Hi Diela, apakabar? Lagi sibuk ngapain nih awal tahun 2013?

Diela Maharanie (DM): Sedang mempersiapkan karya untuk pameran tunggal di tahun 2013 ini.

KK: Waah, Seru banget pameran tunggal! Bocoran dong buat Kopling tentang pameran ini. 

DM: Iya, kebetulan ada yang mau mensupport juga, terus akhirnya punya waktu luang lebih banyak jadi bisa lebih fokus berkarya dan bisa lebih fokus utk berpameran. Belum bisa cerita banyak akan seperti apa karena masih dalam tahap penggodokan dan kurasi. hehe..

KK: Baiklah, semoga semua persiapannya lancar, amin!. Terus, terakhir kamu pameran di Kopi Keliling kan di Volume yang ke-5, setelah itu kamu ikut pameran di mana aja Diel?

DM: Ya, setelah itu ikut beberapa pameran kolektif di Hongkong dan London bersama sekitar 30 seniman mancanegara. Salah satunya pameran “Get Freaky”. “Get Freaky” ini adalah zine dari Paris yang dibuat oleh Pierre Getfreaky. Sesuai namanya, kita diajak untuk bikin karya-karya bebas dan gila-gilaan.

KK: Nice! Gimana ceritanya sampai kamu bisa ikut pameran internasional seperti itu? 

DM: Waktu tahun 2010 sebenarnya sudah pernah pameran juga di Paris. Mereka tertarik dengan karya-karya saya yang menurut mereka masuk dengan konsep mereka, seperti ada benang merah dengan seniman-seniman lain yang juga ikut berpartisipasi.

KK: Melihat kembali ke tahun 2012. Apa karya yang paling kamu banggakan di tahun lalu?

DM: Karya yang paling saya banggakan di tahun 2012 adalah karya-karya keseharian (gambar2 doodle) yang saya hasilkan di tengah kesibukan bekerja. Di antara waktu yang banyak saya habiskan di tengah kemacetan Jakarta, saya masih bisa sempat menggambar karya pribadi. Maka dari itu karya-karya tersebut yang saya banggakan.

KK: Sekarang kamu sedang suka dengan artist siapa? Dan apakah ada karya spesifik yang kamu paling suka?

DM: Banyak sekali! Di antaranya Kentaro Okawara dan Ricardo Cavolo. Hampir semuanya! haha. Mereka ada kesamaan dalam berkarya. Karya mereka semua terlihat sangat ekspresif, free and messy in a good way. And i’m in love with their works.

KK: Menurut kamu seperti apa sih dunia seni/kreatif Indonesia di tahun 2013 ini? Dan buat kamu pribadi, rencana berkarya apalagi yang akan dipersiapkan?

DM: Semakin meriah, dan semoga lebih terarah. No particular plans. Hanya berharap diberi kesehatan dari Tuhan agar bisa terus berkarya (apapun itu).

KK: Terakhir. Ada pesan-pesan buat pembaca Kopikeliling.com? 
DM: Cintailah karya-karya anak bangsa.

 

Referensi: getfreaky.fr | @get_freaky_mag | Kentaro Okawara | Ricardo Cavolo

 

About author

[KACF 2015] Catalyst Art Market 5

Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya di artikel tentang keseluruhan acara Kopi Keliling Arts & Coffee Festival (KACF) 2015, Kopling bersama dengan Catalyst Arts akan mengadakan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official