Prasajadi Heru Lastiko

Prasjadi Lastiko merupakan seniman yang menyebut dirinya Mad Scientist. Tumbuh dan besar di Jakarta dengan banyak tempat bermain memberi kenangan tersendiri bagi Pras. Waktu kecil dia punya tempat persembunyian berupa lapangan berumput tinggi, rawa-rawa, gorong-gorong jalan, dan rumah tua. Pras suka bermain sendiri, berkhayal menjadi Kamen Rider―sekaligus monsternya. Hinga sekarang, karakter-karakter dari buku “Le Petit Prince” sangat memorable baginya. Pras sempat mengecap jenjang kuliah di Interstudi–DKV, namun akhirnya keluar di tengah jalan dan melanjutkan passion-nya sebagai seniman.

Volume 3

Untuk Kopling Volume 3, Pras mengangkat sudut pandang superhero. Karya pertama berjudul “Berjuang, libas langsung semua yang menghalangi”. Perkelahian dalam karya ini merupakan representasi dari perjuangan. Orang yang mengepal tinju adalah orang yang berjuang. Orang-orang bermata alien mewakili rintangan. Sedangkan mood perkotaan terinspirasi dari Jakarta.

“Berjuang, libas langsung semua yang menghalangi” – Acrylic & Marker on Plywood

Karya kedua berjudul “Berjuang, terus menerus kemudian kecewa lalu sekarat (menunggu mati)”. Bercerita tentang harapan dan mimpi orang-orang yang dibiarkan sekarat oleh pemerintah, hukum, media, industri dan masyarakat sendiri. Analogi dilema ini berupa kopi yang menjadi teman sekaligus musuh. Kekecewaan digambarkan dengan orangtua yang sekarat, pedang yang menancap sebagai simbol dari hukum (dewi keadilan) dan secangkir kopi menemani proses sekarat sang karakter. Karya Pras menggunakan cat akrilik dan spidol di atas triplek.

“Berjuang, terus menerus kemudian kecewa lalu sekarat (menunggu mati)” – Acrylic & Marker on Plywood

Volume 4

 

Secara konsep, Pras suka ide yang datang secara mentah dan apa adanya. Pensil, marker, clay, dan photoshop merupakan alat favoritnya untuk membuat ilustrasi. “Kematangan garis dan pengolahan tema itu penting, tapi apalah esensi sebuah karya tanpa adanya kejujuran didalamnya,” kata Pras.

Pras biasa mencari ide dari membaca buku dan memperhatikan lingkungan. Bahasa visual adalah komunikasi yang menarik, Pras senang bercerita melalui gambar. Istri Pras dan komik-komik dengan warna terbatas banyak memberi inspirasi dalam proses kerjanya. Dalam waktu dekat dia ingin segera merampungkan proyek-nya membuat komik-gak-jelas.

 

Lihat karya-karya Prasajadi lainnya di sini: prasajadi.tumblr.com atau blackcatdead.deviantart.com.

 

Artikel oleh: Fadhly Muhammad

About author

Badut Itu Dianggap Teroris

Salah satu karakter badut yang paling terkenal di dunia adalah Ronald McDonald, yang bahkan di Indonesia pun patungnya banyak tersebar di kota-kota besar. Maskotnya McDonald ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official