Cecillia Hidayat

Dia adalah ilustrator yang lahir, tumbuh, dan berkembang di Jakarta. Dari kecil Cecil hobi corat-coret dan nonton Doraemon. Akibat ulahnya suka corat-coret buku cetak, ibunya sering dipanggil ke sekolah. Ternyata bakat Cecil menggoret pensil memang tidak bisa terbendung lagi, hal ini terus berlanjut hingga dia memutuskan kuliah di jurusan desain dan menjadi ilustrator hingga sekarang.

Cecil mendapat inspirasi secara tidak terduga dari hal-hal kecil. “Misalnya lagi jalan terus tiba-tiba ada kucing aja bisa jadi objek inspirasi,” ujarnya. Setelah mendapatkan inspirasi, Cecil biasanya mendengarkan lagu dan berdiam diri sejenak. Lalu dia mulai membuat sketsa yang dilanjutkan dengan eksekusi ditemani kopi dan musik. May Ann Licudine, memberi banyak pengaruh untuk ranah visual Cecil.

Volume 3

Cecil terinspirasi untuk membuat ilustrasi tentang Kopi Luwak. Setelah dicari tahu Cecil menemukan sebutan lain untuk Kopi Luwak, yaitu Kopi Cirik Musang. Karya bercerita tentang seekor luwak yang bertetangga dengan seekor burung hantu. Sang luwak mempunyai sebuah kedai kopi dan sering mentraktir si burung hantu malam-malam.

“Kopi cirik musang” – Marker on paper

Volume 4

Karya untuk Kopi Keliling volume 4 mengangkat tema mengenai prestise dan pandangan masyarkat terhadap kopi dan café di dunia urban. Orang-orang Jakarta seringkali ‘ngopi’ di café demi pencitraan semata. Insight ini coba dituangkan dalam 3 seri karya berjudul “Look at us! We are the coffee people”. Jadi selain memberi asupan kafein, kopi ternyata juga bisa memberi asupan kepercayaan diri bagi kebanyakan orang. Ilustrasi dibuat menggunakan akrilik, pensil, dan marker di atas kertas linen.

“Look at us! We are the coffee people”

Simak video interview dengan Cecillia Hidayat di KoplingTV episode 2:

Lihat karya-karya Cecil lainnya disini: http://cecilliahidayat.blogspot.com/.

Artikel oleh: Fadhly Muhammad

 

About author

Cerita-cerita di Balik Sebuah Mainan

Lewat kemampuannya sebagai seorang fotografer, Brian McCarty memberikan nafas kehidupan ke tokoh-tokoh mainan di setiap fotonya. Narasi yang diceritakan dalam karya Brian McCarty begitu kuat, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official