Artist Talk: Cecillia Hidayat

Kopling punya segmen baru nih buat #ARTickle di Kopikeliling.com. Seperti yang kita ketahui bersama Kopi Keliling kan sudah ngadain 6 volume selama ini. Dan setiap volume Kopling menghadirkan visual artist muda berbakat dari berbagai kota di Indonesia.

Kalau di #ARTickle sebelumnya Kopling sudah ngobrol dengan Isrol Triono dan Diela Maharanie, kali ini Kopling menghadirkan kembali visual artist Kopi Keliling 2011 yaitu Cecillia Hidayat.

 

Kopi Keliling (KK): Apakabar Cecil? Sekarang lagi sibuk mengerjakan apa aja nih?

Cecillia Hidayat (CH): Baik, lagi sibuk mengerjakan apapun yang bisa dikerjakan. Ilustrasi buku anak, mural, dan bantu-bantu cuci piring di rumah.

KK: Wah, ilustrasi buku anak? Kedengerannya sangat menyenangkan. Ceritain dikit dong Cil. 

CH: Proyek ilustrasi anak ini ada 2, yang satu penulisnya Sofie Dewayani, dan yang satu lagi Renny Yaniar. Proyek ini lumayan menantang karena yang satu ilustrasinya lumayan beda dari style saya yang biasanya. Wish me luck!

KK: Terakhir kamu pameran di Kopi Keliling kan di Volume 4. Setelah itu kamu ikut pameran di mana aja?

CH: Setelah itu sempet ikutan pameran di Grand Central Art Center, Santa Ana, California untuk ISM 10th exhibition. Tadinya saya diajak berkolaborasi untuk bikin ilustrasi buku anak oleh Kevin Staniec, penulis sekaligus kreator ISM community project. Kebetulan, ISM community tahun lalu merayakan ulang tahun yang ke-10, dan mengajak 100 artists dari seluruh dunia untuk berkontribusi, salah satunya saya.

KK: Bisa ceritain sedikit tentang karya kamu di pameran tersebut?

CH: Karyanya sebetulnya mirip dengan konsep yang saya angkat untuk Kopling 4, mengilustrasikan habit orang-orang di Indonesia yang suka melabeli diri sendiri sebagai “socialite”, tampil gaya di depan publik semata-mata demi pencitraan. Dan mereka akan memilih tempat-tempat dengan jendela kaca besar agar semakin “terlihat” oleh orang-orang di sekitarnya.

KK: Sibuk banget yah nampaknya tahun 2012 kamu, hehe. Ada gak sih karya yang paling kamu banggain tahun lalu?

CH: Karya yang saya buat bersama partner untuk Elle Magazine Anniversary issue. Waktu itu kami (YouRock!) diundang untuk submit karya dengan brief mengilustrasikan salah satu parfum Moschino, yaitu Moschino Cheap and Chic. Dari bentuk botolnya yang merupakan stilasi dari karakter terkenal Olive Oyl, kami mengilustrasikan Miss Oyl as a chic chick.

KK: Sekarang kamu sedang suka dengan artist siapa?

CH: Masih May Ann Licudine. Karya May Ann favorit saya yang judulnya “Babu and his Kitten Abu”. Itu karya May Ann yang pertama saya lihat dan langsung jatuh cinta, karena sangat surreal, sekaligus…terasa sepi. Kalau melihat karya-karya May Ann, kadang bisa sampai nangis/merinding, mungkin karena perasaan yang dituangkan May Ann ke dalam karyanya sampai ke saya…ini sangat subjektif sih. Di luar itu, semua karya May Ann penuh dengan detail yang surreal…harus liat sendiri lah pokoknya.

Selain May Ann, sekarang lagi seneng sama karya-karyanya Charles Santoso. Suka sama ide-ide dan style ilustrasinya. Dia lagi bikin random word doodles project via Twitter. Jadi follower nya bisa ngasih satu kata ke dia tiap hari untuk divisualisasikan. Dan dalam hitungan beberapa jam, karya-karya yang dihasilkan dari 1 kata itu semuanya bagus-bagus. Gak ngerti deh otaknya terbuat dari apa.

KK: Menurut kamu di tahun 2013 akan seperti apa sih dunia seni/kreatif di Indonesia?

CH: Wah entah ya…tapi moga-moga makin positif, toh kiamat aja udah lewat.

KK: Di tahun ini kamu akan berkarya apalagi rencananya?

CH: Belum tahu. Tapi yang jelas saya dan partner sedang merintis studio kecil-kecilan untuk ilustrasi, animasi, design, apapun yang penting kolaborasi bareng.

 

Referensi: nnayam.blogspot.com | charlessantoso.tumblr.com | medusa-yourock.blogspot.com

 

About author

Kopi & Gambar Tiap Hari

Selama 10 bulan, desainer Brand Bortwein membuat daily doodle di kertas post-it. Tema yang dipilih? Cangkir kopi warna-warni dalam berbagai gaya. Karya-karya Bortwein ini didedikasikan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official