Memanggang Biji Kopi di Rumah?

16199-coffee-and-coffee-beans-close-up

Biasanya di awal tahun baru, kita sibuk membuat daftar tentang hal-hal yang ingin kita lakukan di tahun ini. Untuk menambahkan satu hal lagi dalam daftar kamu, gimana kalau tahun ini kita mencoba untuk memanggang biji kopi kita sendiri di rumah? Siapa tahu pas kebetulan kamu tahun ini berkesempatan berlibur di perkebunan kopi dan iseng membawa pulang biji kopi yang masih segar dan hijau. Atau, kamu juga bisa kok membeli biji kopi yang masih hijau dari pemasok kopi, dan pilihannya tentu juga jadinya lebih banyak. Mungkin kamu lebih kepengin mencoba untuk memanggang biji kopi yang berasal dari negara lain?

Nah, ada cara alternatif nih buat kamu yang pengen nyoba manggang biji kopi, tapi belum mau beli coffee roaster. Caranya ternyata gampang, tapi tetap masih harus hati-hati, karena kalau nggak, biji kopi kamu bisa gosong. Hmmm… berani terima tantangan?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih biji kopi. Pilihannya tentunya sesuai dengan selera kamu, karena seperti yang kita tahu, setiap daerah punya kopi dengan rasa masing-masing.

Untuk memanggang biji kopi, kamu perlu sesuatu yang mirip cetakan kue yang terbuat dari logam, atau bisa juga dengan lempengan logam biasa, spatula, dan tempat untuk menampungnya yang bentuknya mirip dandang nasi. Panaskan oven dan letakkan biji kopi di lempengan logam itu tanpa bertumpuk, lalu masukkan ke dalam oven.

Setelah kamu membawa pulang biji kopi itu, kamu bisa memanggangnya di dalam oven. Hanya beberapa menit di dalam oven, biji kopi akan mulai mengembang, lalu warnanya akan berubah menjadi gelap dengan cepat. Aduk-aduk dengan spatula beberapa menit sekali, supaya rata. Biasanya diperlukan waktu sekitar 10-15 menit untuk mencapai warna yang diinginkan. Setelah biji kopi terpanggang, keluarkan dari oven dan masukkan ke dalam sesuatu yang mirip dandang nasi. Seperti ini:

glueckskaefer-strainer-colander

Goyang-goyangkan “dandang nasi” yang berisi biji kopi itu supaya biji kopinya mendingin. Jangan didinginkan di dalam kulkas, karena akan membuat biji kopi itu menjadi lembab. Baru setelah benar-benar dingin, masukkan ke dalam tempat yang kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Biarkan biji kopi kamu dulu selama 24 jam sebelum kamu seduh untuk mengoptimalkan rasanya. Setelah itu, silakan menggiling si biji kopi menjadi bubuk kopi, dan menyesap minuman kopi kreasi kamu sendiri!

Jangan lupa, pilih grinder kopi dan metode bikin kopi yang paling sesuai dengan kamu!

Selamat mencoba!

 

Sumber gambar: freegreatpicture.com

Happy Artworks pt.1

Beberapa waktu lalu Kopling berkolaborasi dengan 25 orang seniman/ilustrator untuk menciptakan 100 karya yang membahas tentang kebahagiaan. Karya-karya tersebut kemudian dipamerkan dalam pameran #projectHAPPY yang ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official