Hari Tari Sedunia: Solo 24 Jam Menari

Wahai para penari di luar sana, tanggal 29 April besok adalah harinya kalian! Yap, seluruh dunia akan merayakan Hari Tari Sedunia yang jatuh setiap tanggal 29 April. Hari Tari Sedunia ini awalnya ditemukan oleh Dance Committee of the ITI sebagai perayaan untuk Jean-Georges Noverre (1727-1810), seorang pencipta tari balet modern.

Tujuan peringatan Hari Tari Sedunia ini sangat sederhana namun berarti: untuk merayakan tari dan bersenang-senang dalam bentuk tarian tanpa peduli dengan perbedaan politik, budaya, dan etnis, serta mengumpulkan semua orang ke dalam satu bahasa yang sama: Tari.

Di Indonesia, perayaan Hari Tari Sedunia kali ini bakal seru banget. Sebanyak 3.500 penari dan sekitar 134 kelompok tari akan memeriahkan Solo 24 Jam Menari yang akan diadakan tanggal 29-30 April 2013. Para penari ini bakalan menari 24 jam non-stop! Di acara ini, mereka akan nampilin 156 tarian tradisional dan kontemporer. Para penarinya nggak cuma berasal dari Solo dan sekitarnya, tapi juga Bandung, Yogyakarta, Bali, Jambi, Kalimantan Timur, Sumbawa Barat, Lampung Bangka Belitung, dan lainnya. Wuiiihhh… Kebayang kan ramenya? Yang keren banget adalah peserta tari ini datang atas biaya sendiri. Panitia Solo 24 Jam Menari dan para pendamping peserta tari juga nggak dikasih dana lho. Mereka ikut murni karena ingin menari.

Acara Solo 24 Jam Menari ini sebenarnya udah memasuki tahun ketujuh di tahun ini. Menurut salah satu anggota tim kreatif Solo 24 Jam Menari, Joko Aswoyo, kegiatan ini ibarat laboratorium supaya para penari dan pelaku di dunia tari bisa saling belajar dan bereksplorasi untuk meningkatkan apresiasi masyarakat akan dunia tari.

Kegiatan Solo 24 Jam Menari rencananya akan digelar mulai dari kompleks halaman Kampus Institut Seni Indonesia (ISI), Solo, jam 6 pagi, lalu dilanjutkan ke beberapa tempat seperti Bandara Adi Soemarmo, sejumlah mal, gedung Wayang Orang sriwedari, dan depan gedung Bank Indonesia hingga berakhir pukul 6 pagi hari berikutnya. Seorang maestro tari Jawa yang juga dosen ISI, Wahyu Santoso Prabowo, dikabarkan akan ikutan menari selama 24 jam tanpa henti bersama dengan para mahasiswa dan dosen-dosen lainnya.

Kalo pengen tau seperti apa persiapannya, tonton aja video di bawah ini.

Seru banget yah sepertinya. Jadi, buat kamu yang free tanggal 29-30 April besok, jangan lupa mampir ke Solo buat ikutan memeriahkan acara ini! Karena seni, apapun bentuknya, nggak eksklusif milik sebuah kelompok tapi bisa dinikmati oleh semua orang.

Atau jangan-jangan, kamu salah satu penarinya?

About author

Jangan Ragu Beli Kondom!

Pernah nggak kamu mendapat tatapan yang menghakimi saat kamu membeli kondom? Itu biasa sih di Indonesia, apalagi kalau termasuk orang yang tampangnya “irit umur”. Tatapan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official