Kopi Penyebab Dehidrasi?

15435bb40f81987e5f6cad51bde60765

Selama ini banyak yang menyangka bahwa kopi itu bisa menyebabkan dehidrasi, karena orang yang suka ngopi kan katanya jadi sering buang air kecil. Ternyata, anggapan itu nggak sepenuhnya benar, at least buat para cowok!

Di awal tahun ini, PLOS ONE, sebuah jurnal online milik sebuah organisasi nirlaba mengadakan penelitian, dan didanai oleh Institute for Scientific Information on Coffee. Pesertanya adalah 50 orang cowok sehat. Para peserta riset itu disuruh minum 4 cangkir kopi setiap hari selama tiga hari berturut-turut. Lalu ada 50 orang cowok lagi yang disuruh minum air putih dalam jumlah yang sama. Hasilnya adalah tingkat dehidrasi mereka sama aja. Ya, kopi kan 95% juga terdiri dari air, bukan? Jumlah urin mereka dan tingkat kepekatannya juga nggak berbeda sama sekali.

Ini tentunya kabar yang sangat baik buat para pencinta kopi. Riset di awal tahun 2014 ini artinya mematahkan pendapat Mayo Clinic bahwa kafein dapat menyebabkan dehidrasi. Sebenarnya, orang mau minum apa pun dalam jumlah banyak juga pasti jadi akan buang air kecil terus kan? Hehe…

Eh, tapi tunggu. Jangan terlalu cepat berkesimpulan. Kopi memang zat utamanya adalah kafein, tapi minuman yang mengandung kafein dengan kafein yang sebenarnya itu beda banget, dan jangan disama-samain. Jagung sama bakwan jagung aja beda kan? Jagung tentunya lebih sehat dibanding bakwan jagung yang dimasaknya udah dicampur pakai MSG dan digoreng pake minyak. Nah, begitulah kira-kira.

Lalu, gimana dengan para cewek? Aman nggak kalo minum kopi setiap hari dengan porsi yang sama kayak para cowok? Para periset dari PLOS ONE nggak bisa ngasih pendapat dalam hal ini, karena hormon dalam darah cewek itu berbeda dengan cowok, jadi efeknya pun bisa berbeda.

Tapi ada sebuah riset terpisah yang diadakan pada tahun 2012 oleh Ruhr University di Jerman. Hasilnya adalah para cewek yang minum kopi sekurangnya dua cangkir sehari lebih nggak gampang depresi dibanding sama yang bukan peminum kopi. Alasannya nggak jelas sih, tapi bisa jadi karena kafein punya efek tertentu dalam zat kimia di otak kita. Peserta riset ketika itu adalah 50.000 orang perempuan Amerika, jadi boleh dipercayalah ya hasil dan kesimpulannya.

Lalu, juga ada sebuah riset yang diadakan pada tahun yang sama oleh National Cancer Institute di Amerika Serikat. Kesimpulannya adalah orang dewasa yang minum kopi, meskipun yang decaf sekali pun, cenderung berumur lebih panjang dari mereka yang bukan peminum kopi.

Satu hal lain yang harus kamu perhatikan, bahwa sebagai peminum kopi, supaya ginjal kita tetap sehat, kita juga tetap harus banyak minum air putih. Minum empat cangkir kopi dalam sehari itu juga nggak cukup lho buat tubuh kita. Apalagi buat kita yang sehari-hari lebih banyak duduk. Minum kopi itu nggak apa-apa, sepanjang kitanya juga rajin minum air putih. Setuju?

 

Salam sruputh!

Sumber gambar: craniumfitteds.com

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official