Hal Dasar yang Perlu Kamu Ketahui saat Menggiling Biji Kopi

Setelah proses roasting, grinding adalah hal penting yang harus diperhatikan. Terutama grinder yang kamu gunakan. Masalahnya, dari grinder kamu bisa menentukan grind size sesuai dengan metode kopi yang kamu gunakan. Masing-masing ukuran bubuk kopi memiliki pasangannya sendiri dengan metode penyeduhan. Misalnya, fine grind dengan aeropress atau espresso. Sebetulnya, sah-sah saja jika kamu mau bebas. Artinya tidak terpatok pada anjuran, tapi ini disarankan agar kopi yang kamu buat menghasilkan rasa yang maksimal. Jadi, Kopling akan membahas kaitannya ukuran bubuk kopi dengan metode penyeduhan.

Grind-illustration-transparent3

1.  waktu ekstrasi

Ukuran hasil giling kasar membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan ekstrasi yang optimal. Sedangkan hasil giling halus, tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan rasa yang optimal. Pada umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk hasil giling kasar selama 4-8 menit, sedangkan hasil giling halus waktunya lebih singkat sekitar 1-4 menit.

2. Aliran air

Untuk hasil giling kasar air akan mengalir lebih cepat karena rongga yang tercipta sangat besar. Sedangkan untuk hasil giling halus, air akan lebih lambat karena kepadatan bubuk-bubuk yang kecil membuat rongga sempit, sehingga untuk membasahi semua bagian membutuhkan waktu yang lama.

source: theatlantic.com

source: theatlantic.com

3. Bentuk bubuk kopi

Selain dilihat secara kasat mata, gilingan kopi halus maupun kasar dapat dirasakan dengan jari-jarimu. Setelah kamu giling, ambil sejumput bubuk kopi lalu rasakan di antara jari telunjuk dan ibu jarimu. Ada tiga ukuran yang bisa kamu nilai, jika terasa seperti garam maka itu kasar, jika seperti pasir itu menengah, dan jika seperti gula bubuk itu halus.

coffee-grind-sizes

4. Tentang rasa

Ini bagian akhir, yaitu, rasa. Sebetulnya, rasa sangatlah subjektif. Untuk tahu rasa kita hanya butuh satu pertanyaan, apakah rasanya pahit, biasa, atau pekat? Rasa ini muncul akibat ukuran bubuk kopi yang kamu giling. Jika kamu pernah melihat bahwa ada rasa-rasa seperti jeruk, lemon, dll yang diciptakan dari kopi, salah satunya adalah karena ukuran giling dan ketepatan menggunakan metode penyeduhan. Dengan metode penyeduhan yang optimal, rasa kopi yang kamu sesap akan sangat berwarna-warni!

 

Nah, agar menghasilkan kopi dengan rasa optimal, di atas sudah Kopling sertakan ukuran gilingan sekaligus metode yang digunakan sesuai dengan ukuran kopi yang kamu giling. Jadi, selamat menikmati dan salam sruputh!

About author

Menikmati Museum sambil Browsing

Apa web-browser yang selama ini kamu pakai? Firefox? Google Chrome? Safari? Kalau kamu pengguna Google Chrome, kamu beruntung. Karena google semakin lama semakin unik dengan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official