Kegunaan Kopi di Masakan

Tentunya kamu udah tau bahwa kopi selain bisa buat diminum, bisa juga dibuat es krim dan kue. Tapi ternyata nggak cuma itu. Mumpung besok weekend, Kopling pingin share beberapa menu masakan yang pake kopi sebagai bahannya. Tenang, Kopling sengaja milih menu yang nggak susah-susah banget kok jadi siapapun bisa nyoba. Siap-siap dicatet bahannya ya, supaya nanti pulang kerja bisa beli terus besok bisa dimasak.

 

Saus Salad

Pengen makan salad dengan saus yang nggak biasa? Bikin sausnya dari kopi dong! Hehe… Nggak cuma di salad, saus ini juga bisa digunakan untuk sapi panggang, udang, babi, atau foie gras.

Bahan:
1. 1 sendok teh kopi bubuk halus
2. 1/2 sendok teh garam
3. 1 sendok teh gula
4. 1/2 sendok teh merica bubuk
5. 1/4 cangkir cuka apel
6. 1/2 cangkir minyak zaitun

Cara membuatnya:
1. Campur semua bahan menjadi satu dan aduk sampai rata.
2. Simpan dalam kulkas.
3. Dapat dipakai selama seminggu.

Burger Saus Kopi

Udah pernah denger menu ini? Kalo kamu pernah mampir ke salah satu restoran yang ada di bilangan SCBD, pasti kamu pernah baca menu ini. Nah, kalo kamu udah nyoba dan suka, terus pengen bikin sendiri di rumah, ini dia caranya!

Bahan:

Saus
1. 1 sendok makan kopi bubuk
2. 2 sendok teh gula merah
3. 1 sendok teh lada hitam bubuk
4. 1/2 sendok teh coriander bubuk
5. 1/2 sendok teh oregano kering
6. 1/2 sendok teh garam halus

Burger
1. 8 lembar bacon asap
2. 1 ons sampil (leher sapi) giling
3. 1 ons sirloin giling
4. 8 lembar atau 8 ons keju
5. 8 roti burger
6. 8 lembar bawang bombay
7. 8 potong tomat

Cara membuatnya:

Saus kopi
1 . Campur semua bahan jadi satu dalam mangkuk kecil.
2. Simpan dalam wadah plastik, tutup rapat.
3. Masukkan ke dalam kulkas
4. Dapat dipakai selama satu minggu

Burger
Step 1
1. Masak bacon hingga garing.
2. Serap minyaknya dengan handuk.
3. Campurkan daging sampil dan sirloin dalam wadah yang besar, bagi menjadi 8 bagian.
4. Pisahkan dan dinginkan.

Step 2
1. Siapkan alat pemanggang dengan panas sedang.
2. Taburi 1 sendok bahan saus ke atas burger satu per satu.
3. Panggang selama 4 menit.
4. Letakkan 2 lembar bacon di atas setiap burger.
5. Masak selama 3 menit.
6. Letakkan 1 lembar keju di atasnya, biarkan hingga meleleh.
7. Panggang lagi selama 1 menit.

Step 3
1. Masukkan daging burger ke dalam roti.
2. Letakkan potongan bawang dan tomat.
3. Sajikan dengan saus barbeque.

 

Kolak Pisang Kuah Kopi

Bulan puasa identik dengan kolak, dan meskipun masih tiga bulan lagi, Kopling mau ngasih kamu cara bikin kolak pisang pake kuah kopi! Lumayan kan jadi menu berbuka kamu ada variasi? Hehe…

Bahan:
1. 2 cangkir air putih
2. 1/2 cangkir biji kopi
3. 2 iris lemon, masing-masing tebalnya 3 inci
4. 1 batang kayu manis, potong jadi 3 bagian
5. 8 buah pisang, pilih yang tidak lembek
6. 1 sendok makan perasan lemon
7. Yogurt, pilih yang “plain”

Cara membuatnya:
1. Campur air dan biji kopi sampai mendidih dengan panas rendah selama 20 menit.
2. Tambahkan gula, irisan lemon, dan kayu manis.
3. Aduk terus dalam panas sedang selama 5 menit sampai mengental.
4. Kupas pisang dan potong diagonal.
5. Campurkan dengan air perasan lemon.
6. Siram kuah kopi ke atas pisang dan dinginkan.
7. Masukkan ke dalam kulkas selama 2 jam.
8. Siram atasnya dengan yogurt.

Oh ya, ini ada beberapa tips buat masak pake kopi:
1. Bubuk kopi memperkuat rasa kebanyakan daging, seperti daging sapi, daging ayam, atau daging babi. Karena sangat kuat dan kaya rasa, kopi harus dipasangkan dengan yang rasanya kuat juga.
2. Kopi memberikan rasa yang berbeda pada sup, semur, atau bahkan saus tomat. Gunakan kopi sebagai bumbu, seperti kalo kamu pake bumbu lainnya.
3. Untuk makanan yang nggak dimasak, sebaiknya pilih kopi yang udah diseduh karena kopi bubuk suka nggak mau nyampur di saus.
4. Kopi paling cocok jadi temennya jeruk, kayu manis, bawang putih, cengkeh, dan garam.

Selain menu yang Kopling tulis di atas, sebenernya kopi bisa banget diaplikasiin buat makanan-makanan lain. Kuncinya sih be creative aja. Mungkin ada dari kamu yang pernah iseng-iseng nyoba bikin makanan pake kopi? Share ke Kopling dong resepnya, tapi kalo mau ngasih masakannya juga boleh lho.

Selamat mencoba!

About author

Bizarre Bazaar

Ada acara bazaar seru nih. Dari namanya aja udah bisa ketebak bakalan lain daripada yang lain. Kalau diliat dari poster acaranya, kayaknya akan banyak nampilin ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official