Kopi Ethiopia, Harum Citarasanya Seharum Namanya

Mari kita melancong ke bagian Afrika untuk sejenak melihat negeri yang dikenal dengan kondisi ekonomi terburuk di dunia, Ethiopia. Kamu tau bukan? negara ini selalu menjadi contoh negara kelas tiga, tapi mereka masuk ke dalam negara berkembang lho. Sebagian penduduk Ethiopia adalah buta huruf. Dari kondisi itu tentunya sudah bukan rahasia lagi kalau negara tersebut menjadi negara miskin. Ya, pendidikan masyarakat sana amatlah rendah. Akibatnya, berdampaklah ke negara. Lalu bagaimana negara itu hidup?

Ethiopia Muhrabawi Limu source: www.sweetmarias.com

Persentase besar akan perekonomian di Ethiopia hadir dari sektor pertanian. Topografi tanah terdiri atas dataran tinggi (plateau – ketinggian 1800-3000 m dpl), pegunungan dan dataran rendah (dry-lowlands). Sekitar 2/3 lahan dapat ditanami, tapi baru sekitar 3% yang telah digarap untuk pertanian. Di Ethiopia inilah tanaman kopi tumbuh baik. Atau beberapa menyebut Ethiopia sebagai tempat lahirnya kopi.

Kopi di Ethiopia menyebar karena jalur perdagangan yang dilakukan oleh pedagang muslim jaman dulu. Mereka menjual kopi ke negara seperti Sudan hingga timur tengah. Hingga kini, pertanian kopi menjadi salah satu penghasilan bagi negara ini lho.

Di hutan pada daerah Kaffa ada kopi arabika tumbuh liar. Di sana kopi disebut “Bun” atau “Buna. Kalau kamu pernah mendengar coffee bean, sebenarnya itu mengarah ke Kaffa Bun dalam bahasa Ethiopia. Uniknya, di Ethiopia tidak terdapat kopi robusta. Kopi arabika menguasai hutan dan lahan-lahan di sana.

Dewasa ini, ada banyak daerah di Ethiopia yang menghasilkan kopi bercitarasa unik. Kopi-kopi ini kadang-kadang diproses basah (wet processing), kadang-kadang diproses kering (dry processing). Biji-biji yang diproses secara kering cenderung berbau buah-buahan.

Daerah kopi Harrar Ethiopia menjadi terkenal karena beraroma harum buah-buahan, blueberry, dan juga rempah-rempah. Daerah kopi Sidamo Ethiopia (darimana Yirgacheffes berasal) juga terkenal. Beberapa contoh yang terkemuka adalah Sidamo, Idido Misty Valley (IMV), Lekempti, dan varietas Yirgacheffe, yang juga dieja Yergecheffe.

ethiopia dry process www.sweetmarias.com

Sidamo dry process terkenal karena mempunyai karakteristik seperti fruit punch. IMV dikenal dengan rasanya yang menyerupai buah frambos dan stroberi. Lekempti mempunyai karakteristik seperti buah mangga, jeruk keprok, jeruk sitrus, dan karakteristik-karakteristik buah tropis lain. Kopi yang populer, Yirgacheffe, secara tradisional dikenal akan karakteristiknya yang menyerupai jeruk lemon dan jeruk sitrus.

Untuk rasa kopi sendiri sebenarnya tergantung bagaimana petani memproses biji tersebut. Pun saat roasting dan metode penyajiannya akan berpengaruh pada cita rasa kopi itu sendiri. Kondisi pertanian kopi di negeri ini cukup baik dan kopi menjadi salah satu sumber pemasukan utama selain pertambangan untuk Ethiopia.

Bisa kebayang nggak kalau berita soal kopi arabika akan punah di tahun 2080 itu benar terjadi, akan seperti apa Ethiopia nantinya? Semoga tidak ya, semoga.

About author

Jangan Ragu Beli Kondom!

Pernah nggak kamu mendapat tatapan yang menghakimi saat kamu membeli kondom? Itu biasa sih di Indonesia, apalagi kalau termasuk orang yang tampangnya “irit umur”. Tatapan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official