Cerita-Cerita Berbumbu Kopi pt.1

Nggak cuma penulis-penulis bule, penulis-penulis Indonesia juga banyak terinspirasi oleh kopi dalam penulisan buku-bukunya. Sebagian fiksi, sebagian lagi kisah nyata yang memakai kopi sebagai analogi.

Filosofi Kopi

filosofi-kopi

Semua penggemar Dee atau Dewi Lestari pasti pernah baca buku ini. Awalnya, saya pikir ini adalah sebuah novel atau kumcer tentang kopi, tapi ternyata kopi hanya jadi salah satu cerita di kumcer dan prosa ini.

Tokoh dalam cerita utama di buku ini adalah Ben, seorang barista handal, dan Jody, partnernya dalam mendirikan sebuah kedai kopi yang diberi nama “Filosofi Kopi Temuka Diri Anda Di Sini”. Keduanya mencoba Kopi Tiwus yang ada di sebuah warung reot di Jawa Tengah yang akhirnya membuat mereka sadar bahwa dalam hidup ini tidak ada yang sempurna.

Buku Filosofi Kopi ini dikemas dalam cerita-cerita tentang suka duka kehidupan yang menyenangkan untuk dibaca, namun sebenarnya sarat akan makna.

Manisnya Kopi Asin

manisnya-kopi-asin

Ditulis oleh Irwan Kurniawan, juga berupa kumpulan cerita yang menginspirasi. Ada kutipan menarik dari cerita utama dalam kopi ini, yang juga menjadi judul buku, “Manisnya Kopi Asin”: “Hidup bersamamu sungguh merupakan kebahagiaan terbesar bagiku. Andai aku dapat hidup lagi untuk kedua kalinya, aku masih ingin mengenalmu dan hanya memilikimu dalam hidupku, walaupun aku harus minum kopi asin lagi sepanjang hidupku.”

Seperti yang tertulis di atas, buku ini menggambarkan perjuangan hidup dalam meraih impian. Seseorang nggak serta merta bisa mencapai hasil yang diinginkan, tapi harus melalui banyak kesulitan. Ketika membaca buku ini, kamu mungkin akan menemukan kisah-kisah yang dapat menemanimu menggapai impian.

Perempuan Kopi

perempuan-kopi

Berupa kumpulan 13 kisah nyata tentang manusia-manusia yang tidak merdeka. “Perempuan Kopi” bercerita tentang kesewenangan aparat negara dan lembaga agama terhadap petani kopi demi membela pemodal.

Buku karangan Dewi Nova ini menganalogikan kopi seperti perempuan: ada cerita-cerita sedih yang nggak terdengar orang banyak di balik secangkir kopi nikmat yang kita minum, laksana kaum perempuan yang suaranya nggak didengarkan.

Blue Romance

blue-romance

Cerita-cerita fiktif yang semuanya terjalin di sebuah coffee shop yang bernama “Blue Romance”. Semua cerita mengambil analogi jenis-jenis minuman kopi seperti latte, affogato, Americano, dan espresso. Ditulis oleh seorang penulis muda, Sheva Talia, buku ini menyajikan kisah-kisah setiap orang yang mampir ke Blue Romance dengan hangat seperti layaknya secangkir kopi. Lain kali ketika mampir ke sebuah coffee shop, perhatikan sekelilingmu. Mungkin saja mereka akan menjadi inspirasi untuk kamu menulis, ataupun menciptakan karya kreatif lainnya.

Secangkir Kopi Inspirasi

secangkir-kopi-inspirasi

Ditulis oleh Prabu Revolusi, seorang news anchor di sebuah televisi swasta. Isinya adalah renungannya yang ia dapat dari para nara sumbernya dan pengalamannya sehari-hari, juga saat ia minum kopi. Melalui buku ini, Prabu mengajak kita semua untuk turut mendapatkan secercah inspirasi dari cerita-ceritanya tentang orang biasa yang memiliki semangat keren maupun tentang orang terkenal, seperti Kick Andy, tentang pengalaman hidupnya. Dan judulnya sangat pas, kopi memang salah satu sumber untuk mendapatkan inspirasi.

 

Kamu sendiri sudah pernah baca yang mana aja, dan mana yang paling kamu suka?

 

Sumber foto: goodreads.com

Batik dan Kebudayaan Indonesia

Batik kembali naik daun setelah ditetapkannya Hari Batik sejak tanggal 2 Oktober 2012 tahun lalu. Setiap Jumat, kebanyakan kantor menghimbau para pekerjanya untuk berbusana batik ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official