Art

Rasa Kesepian di Tengah Keramaian

Pernah nggak kamu berada di sebuah keramaian tapi tetap merasa kesepian? Bahkan mungkin saat itu kamu nggak cuma dengan orang-orang yang nggak kamu kenal, tapi juga sama teman-teman kamu? Di tengah-tengah obrolan di sebuah coffee shop, di sebuah konser, misalnya?

Juga orang yang tinggal di apartemen yang sama atau di lingkungan yang sama, tapi nggak saling mengenal karena mungkin salah satunya jarang keluar rumah.

Kita sering mengatakan bahwa kita ingin melihat dunia, padahal bagian kecil dari dunia pun kita “malas” untuk ngeliatnya. Banyak keindahan yang terlewatkan oleh mata kita. Mungkin sebuah taman di dekat rumah, atau sebuah coffee shop mungkin dekat tempat kita kerja. Ironis, memang.

417057-11998628-7

Perasaan itu yang dituangkan sama Jieun Park dalam lukisan-lukisannya: rasa kesepian di tengah keramaian dan keindahan-keindahan yang seperti tertutup, karena nggak terlihat oleh mata.

Park menggunakan cat akrilik dalam membuat lukisan-lukisannya: pemandangan kota yang “diganggu” oleh sapuan kuas yang abstrak. Park mengatakan bahwa dia sering merasa emosional dan merasa kesepian ketika berada di sebuah gedung yang tinggi dan melihat pemandangan kota dari atas sana.

417057-11885495-7417057-11848204-7

Park memang seorang seniman yang suka traveling, dan dalam setiap perjalanannya, Park menciptakan lukisan yang menangkap emosi dari petualangan-petualangannya. Bukan hanya kota-kota besar di Korea tempat dia tinggal, tapi juga kota-kota besar di Eropa.

Coba perhatiin. Park nggak pernah menggambar manusia di lukisannya yang manapun, padahal di tiap gedung-gedung itu pasti ada manusianya kan? Sebegitu kesepiannyalah orang-orang yang tinggal di kota-kota besar.

Ketika kamu ngeliat karya Park ini, perasaan apa yang kamu tangkap? Apakah kamu juga ngebayangin bahwa kamu ada di salah satu gedung itu, di tengah kota besar, dan kamu merasa kesepian karena kamu nggak ngeliat ada manusia lain selain kamu, dan orang lain pun nggak bisa ngeliat kamu?

417057-10855412-7

Lukisan-lukisan Park memang keliatannya sangat sureal, tapi memang hidup itu sendiri juga sesuatu yang sureal. Termasuk kehidupan di kota-kota besar, di gedung-gedung tinggi, bahkan di tengah keramaian sekalipun. Dan tau nggak kamu, menurut sebuah penelitian, orang yang kesepian itu cenderung sinis, punya pemikiran yang aneh, susah percaya sama orang lain, dan merasa nggak berharga? Setiap orang, di mana pun dia tinggal dan dengan siapapun, pasti pernah merasa kesepian.  Kesepian (pernah) terjadi pada setiap orang, termasuk kita.

Jadi, seberapa kesepiannyakah kita?

 

Sumber foto: trendhunter.com
Website: parkg.co.kr

Ngomongin Zine

Kalo berbicara tentang media cetak, pasti banyak dari kamu yang pernah bersentuhan dengan yang namanya zine. Yup, media yang menjadi tempat siapapun untuk berbagi ide tanpa ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official