Dea Aprilia

Dunia seni itu dinamis, nggak kaku, dan selalu berubah. Jadi, sangat menarik buat didalami.

Ada sisi yang menarik dari perempuan kelahiran 3 April ini. Ternyata, selain suka menghasilkan karya untuk diri sendiri, Dea mengaku suka mengurusi orang, terutama dalam masalah pameran! “Aku suka lihat karya orang lain, makanya aku suka kalau diajak bikin pameran bareng,” katanya. Memang sih, sebelumnya Dea sempat vakum berkarya, dan sebagai gantinya ia mengorganisir pameran dan mengerjakan tulisan.

Perempuan yang sedang mengambil jurusan Seni Grafis di Institut Teknologi Bandung ini sebenarnya tidak menyangka kalau akhirnya ia nyangkut di dunia seni visual, apalagi seni rupa. Padahal, sejak kecil sebenarnya ia sudah suka hal-hal yang berbau visual.

dea3

 

dea1

Meskipun bercita-cita ingin menjadi ilustrator, Dea ternyata juga suka bekerja di belakang layar, seperti membahas konsep pameran dan cara mengadakan pamerannya. “Masalah yang ingin diangkat seniman, pesan yang ingin disampaikan, proses pengkaryaan, semuanya sangat menarik,” kata Dea.

Dalam berkarya, Dea sering sekali mengamati perilaku orang, misalnya memperhatikan bagaimana cara masyarakat merespon masalah. Ia juga suka menyisipkan hal personal lewat benda-benda atau simbol yang mempunyai kesan intim namun banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. “Aku ingin karyaku terasa dekat dengan orang-orang. Aku suka kalau orang berpikir, ‘Wah, iya juga!’ atau, ‘Oh iya! Aku juga pernah merasa begitu!’” akunya.

dea2

Ketertarikan Dea akan budaya peranakan membawanya menjadi penggemar karya-karya FX Harsono. Ia juga suka dengan cara FX Harsono mempresentasikan karya instalasinya. “Pameran itu tidak harus terpaku dengan standar pameran harus dua dimensia tau tiga dimensi, dan serba putih bersih,” kata Dea. Menurut Dea, kemungkinan baru yang dapat tercipta dengan masuknya pengaruh disiplin ilmu di luar seni malah menjadikan seni lebih menarik.

About author

Niken Dwi Nastiti

“Saya banyak terinspirasi dari sekitar saya. Keluarga, kucing saya, cerita teman, lagu yang saya sukai, pemandangan ketika traveling, wangi tertentu yang membangkitkan memori, film maupun ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official