Guntur Gustanto

Guntur Gustanto adalah seorang freelance ilustrator yang sedang merintis jejak seninya ke arah yang lebih serius. Proyek pertamanya, ilustrasi buku, membuat Guntur tertarik untuk melanjutkan passion-nya ke tingkat yang lebih baik lagi. Waktu kecil, Guntur suka menonton film kartun dan ia suka memperhatikan gambar-gambar dari buku-buku bergambar yang dibelikan orang tuanya. Dulu, ia suka menggambar mobil, tokoh-tokoh kartun seperti Dragon Ball, Disney, Looney Tunes. Waktu kelas 4 SD, Guntur mulai suka menggambar hal-hal lain seperti logo-logo partai politik dan sponsor yang ada di kaus klub bola. Ketika ia kelas 6 SD, ibunya mendaftarkan untuk mengikuti les lukis dan di situlah ia berkenalan dengan cat minyak dan mulai merasa cinta dengan menggambar dan melukis. Kedua orang tua Gunturpun mendukung kecintaannya itu dan nggak pernah memaksanya dalam memilih suatu hal. Bagi mereka, yang penting adalah tanggung jawab, komitmen, dan konsisten.

Guntur sempat mengambil kuliah jurusan seni lukis sampai semester dua, tapi ia memutuskan untuk nggak melanjutkan kuliahnya karena masalah administrasi. Meskipun begitu, ia terus mencoba untuk berkarya, karena saat berkarya dan menciptakan karya seni visual ia merasa melakukannya dengan sangat total dan seperti nggak ada kepuasan di dalam dirinya selain hal yang dilakukannya itu. Ia juga merasa seni visual membantu seseorang untuk mengingat dan memahami sebuah tulisan maupun cerita. Buat Guntur, visual itu menarik dan punya kekuatan besar untuk memengaruhi ataupun menggerakkan.

Guntur nggak mengategorikan style gambarnya dan menyerahkan semuanya ke tangan penikmat karyanya. Yang pasti, ia lebih sering menggambar wajah, ekspresi, anatomi manusia, atau gerakan tubuh manusia secara keseluruhan. Menurutnya, manusia itu lucu, penuh misteri, aneh, dan banyak hal yang bisa ditangkap dalam diri manusia bahkan diri kita sendiri sebagai seorang manusia. Dalam berkarya, Guntur banyak terinspirasi dan jatuh cinta dengan karya-karya Basoeki Abdullah, Charles Addams, dan Chris Sickels.

Proses kreatif Guntur dalam berkarya dimulai dari mengaktifkan seluruh inderanya, mulai dari merasakan, melihat, mendengar, menyentuh, dan mempelajari suatu hal atau hal-hal yang ia alami sendiri. Biasanya, inspirasinya datang sewaktu ia sedang sendirian dan di suasana yang sepi, atau ketika lagi bengong, mau tidur, nonton film, dan baca buku. Dari situ, ia mencoba menangkap dan mengolah hal yang paling menonjol atau yang paling diingat dan sebisa mungkin juga mencari referensi serta info yang cukup. Setelah itu ia akan membayangkan visualisasi yang ia inginkan, baru kemudian dieksekusi. Pernah suatu hari ia mengalami artist’s block, yang ia lakukan adalah mencoba bersantai dulu sebentar. Kalau itupun masih kurang ampuh, Guntur akan tinggal tidur dan nggak memaksakan diri untuk mengerjakan karya.

Media yang dipakai Guntur dalam berkarya meliputi bermacam-macam kertas kanvas. Ia lebih suka mengerjakan karya manual dan menggunakan Photoshop untuk mewarnai hanya ketika ia sedang malas mencuci kuas. Di samping itu, Guntur nggak membatasi orang dalam menginterpretasikan karyanya. Ia hanya ingin menyampaikan apa yang ia rasakan dan berharap penikmat karyanya juga merasakan hal yang sama, tanpa memaksakannya.

Guntur pernah mengikuti pameran sewaktu ia masih kuliah (sayangnya ia lupa judul dan tema pamerannya dan datanya juga tidak ada). Ia berharap pameran pertamanya bersama Kopi Keliling ini akan berkesan, karena banyak yang ingin ia lihat dan harapkan dengan mengikuti pameran ini.

Meskipun mengikuti pameran bertema kopi, sejujurnya Guntur nggak terlalu suka dengan minuman ini karena ada pengalaman buruk. Dulu, ia pernah terlalu banyak minum kopi hingga perutnya kembung parah dan nggak bisa makan seharian. Karena itu ia sudah hampir nggak pernah minum kopi lagi.

 

Lihat karya-karya Guntur lainnya di sini: ggustanto.blogspot.com.

About author

Cara Membuat Kopi Instan Enak

Kopi instan ditemukan oleh seorang ilmuwan Jepang bernama Satori Kato di tahun 1901, dan setelahnya, kopi instan banyak dijumpai selama hampir 2 abad ini di ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official