Art

Sang Inspirasi yang Lucu dan Berbulu

Kalau Picasso, Frida Kahlo, Warhol, dan beberapa seniman lainnya punya hewan kesayangan seperti yang ditulis di artikel ini, kelima artis ini juga punya. Bedanya, mereka memang mengawali karir mereka dengan para mahluk lucu berbulu, dan para anjing dan kucing itulah yang menjadi inspirasi mereka.

William Wegman dan Man Ray, si Weimaraner

ww3

SMTTM-William-Wegmans-Dog-4

William Wegman mungkin nggak akan terkenal tanpa Man Ray, anjing lucu yang selalu tampil di karya-karyanya. Anak anjing ini ia temukan di studionya, dan Man Ray ini caper banget. Minta banget diperhatiin, sampai Wegman nggak bisa kerja. Akhirnya, Wegman memperhatikan Man Ray dengan cara membuatkan video art yang komikal tentang si anak anjing yang genit dan manja ini. Setelah itu, Wegman punya seekor anjing lagi yang bernama Fay Ray. Mungkin karena betina, Fay Ray ini lebih penurut dan lebih gampang diatur untuk akting dalam video-videonya.

Saat ini, Wegman udah punya banyak banget anjing, nggak cuma dua ekor anjing itu. Mereka dikasih kostum dan karyanya sekarang masuk ke banyak museum seni di seluruh dunia. Bukan hanya itu, Wegman juga jadi bikin buku tentang anjing-anjingnya itu untuk anak-anak dengan judul “Flo and Wendell”.

George Rodrigue dan Tiffany, si Terrier-Spaniel Mix

slidell-art-east-george-rodrigue-talksjpg-dbe1442007b7786d_large

Sama seperti karya-karya Wegman, Blue Dog adalah simbol terkenal dari karya-karya Rodrigue. Rodrigue mulai melukis ketika didiagnosa sebagai penginap polio tahap tiga. Karena dikenal suka melukis, setahun kemudian dia diutus untuk membuat ilustrasi yang menceritakan mitos dan legenda di sekitar New Iberia, Louisiana.

Dalam salah satu karyanya, dia membuat ilustrasi tentang loup-garou, seekor werewolf Perancis yang berbentuk roh halus yang dipercaya bisa menjaga rumah. Binatang jadi-jadian ini adalah lambang dari pentingnya membedakan antara benar dan salah. Nah, ketika itu, Tiffany inilah yang menjadi inspirasinya untuk menciptakan tokoh werewolf itu, yang lalu di kemudian hari dikenal dengan nama “Blue Dog”. Rodrigue mendapat Opus Award pada bulan Oktober 2013 karena karyanya ini.

Theron Humphrey dan Maddie, si Coonhound

reg_1024.MaddieDog2.mh.031213

maddie-on-things-book-3-IIHIH

Maddie ini ngetop banget lho di banyak sosial media, termasuk Instagram dan Tumblr – tapi nggak banyak orang yang tau siapa pemiliknya. Maddie diadopsi oleh seorang fotografer, Theron Humphrey dari Georgia, Atlanta ketika ia mendokumentasikan kehidupan orang-orang biasa dalam sebuah proyek yang diberi nama “This Wild Idea”. Saat itulah dia bertemu dengan Maddie yang pandai melompat dan membawanya pulang.

Saat ini, Humphrey masih berkeliling Amerika Serikat untuk mendokumentasikan kehidupan orang-orang dan binatang peliharaan mereka dalam proyek lainnya yang bernama “Why We Rescue”. Proyek ini didedikasikan untuk Maddie, sang sumber inspirasi.

Mike Bridavsky dan Lil Bub, si Kucing

lilbub-600-1366384930

Bridavsky adalah pemilik perusahaan rekaman Russian Recordings di Bloomington, Indiana. Lelaki udah ini mengurus sendiri keempat kucingnya, dan nggak kepikiran untuk punya kucing lainnya, sampai dia ketemu dengan seekor anak kucing di jalan. Anak kucing ini lalu diberi nama Lil Bub, yang menurut Bridavsky adalah seekor kucing betina ajaib dari luar angkasa. Hehe…

Lil Bub lalu jadi terkenal ketika fotonya masuk ke Facebook. Kucing yang memang terlahir kecil dan nggak besar-besar ini beratnya hanya 4 ons sampai sekarang dan matanya (katanya) mirip mata manusia. Sekarang Lil Bub punya perusahaan pakaiannya sendiri, punya talk show juga, dan dia termasuk salah satu jajaran seleb kucing kelas atas di dunia.

Seth Casteel dan Buster, si Cavalier King Charles Spaniel

Paul-OGrady-and-Buster-001

Casteel adalah fotografer sukarela untuk penampungan hewan pada tahun 2007, lalu kemudian dia mengembangkan karirnya menjadi fotografer binatang peliharaan. Nasibnya berubah ketika dia bertemu dengan Buster di tahun 2010, saat mengambil foto Buster yang melompat ke air. Sekarang serial fotonya yang berjudul “Underwater Dogs” sudah dipamerkan di seluruh dunia dan masuk ke National Geographic dan New York Times. Buku-buku fotografi karya Casteel juga laku keras. Dan ternyata… Casteel ini juga kadang mampir ke Indonesia untuk membantu hewan-hewan yang terlantar, juga mengajar fotografi.

 

Kalo kamu, apakah punya inspirasi dalam bentuk makhluk berbulu ini juga?

Sumber gambar: guim.co.uk, inlander.com, dan beberapa sumber lainnya

Polling: Kebiasaan minum kopi pt.1

Kopling mau mulai bikin rubrik baru nih buat website kopikeliling.com, yaitu rubrik Polling! Kenapa malah bikin Polling pling? Kenapa gak bikin pameran lebih sering aja sih ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official