Art

Destruction to Creation

0

Masih ingat dengan Pedro Reyes yang mengubah senapan menjadi cangkul? Reyes kembali membuat berita. Bukan, dia nggak jadi petani sekarang, tapi dia jadi seorang musisi!

164684518_wide-bdfe5aa573b9ebd956f927d73ad836271acfdb1a-s4-c85

Pedro tinggal di sebuah apartemen di Meksiko, dan dia sering kesal karena tetangganya yang tinggal tepat di atas unitnya punya kolam renang. Bukannya karena ia iri, tapi kolam renang itu bocor. Dan yang bocor itu bukan air, melainkan… senapan!

Penduduk Meksiko memang banyak yang mempunyai senjata api, karena pengaruh dari Amerika Serikat. Baru-baru ini Reyes mengadakan serangkaian seminar di University of South Florida di Tampa, juga sebuah pertunjukkan. Acara yang diadakan di dalam sebuah teater itu mendiskusikan tentang senapan dan diberi nama “Legislative Theater”. Reyes juga mengadakan sebuah proyek yang diberi judul “The Amendment to the Amendment”. Isinya adalah ajakan Reyes kepada pemerintah Amerika untuk meninjau kembali tentang undang-undang kepemilikan senjata api.

Menurut Reyes, seni seharusnya ikut campur dalam urusan sosial, seperti kekerasan dengan senjata api. Dan kali ini, Reyes nggak lagi mengubah senapan jadi cangkul, melainkan jadi alat musik.

disarm-7

Dalam sebuah pameran yang diadakan di unversitas yang sama, tepatnya di University of South Florida’s Contemporary Art Museum, Reyes memamerkan sejumlah senapan yang disulapnya menjadi alat musik. Pameran itu diberi nama “Disarm”.

Reyes nggak bekerja sendiri, karena juga dibantu dengan beberapa orang musisi dan teknisi. Seorang lulusan program jurusan musik jazz di universitas tersebut, Caleb Murray, mengatakan bahwa saxophone karya Reyes yang dulunya adalah sebilah senapan itu suaranya lebih mirip klarinet, sebenarnya. Ada juga murid lainnya yang memainkan marimba, flute, bass, dan gitar, yang semuanya dibuat dari senapan. Luar biasa memang, benda yang tadinya dibuat untuk menghancurkan (destruksi) sekarang menjadi kreasi baru. Destruction to creation.

Banyak yang masih menganggap bahwa penduduk sipil masih penting untuk memiliki senjata api, dan mereka tentunya menentang tindakan politis Reyes ini. Tapi Reyes nggak berkecil hati, karena dia melakukannya karena cinta.

Ah, seni, dalam hal ini musik, memang nggak hanya bisa mengisi ruang-ruang kosong, tapi juga bisa membuat perubahan!

Reyes mengatakan bahwa dia masih memiliki ribuan senapan yang akan diubahnya menjadi karya seni. Bisa jadi menjadi alat musik, atau benda seni lainnya. Kita tunggu kejutan dari Pedro Reyes yang lainnya!

pedro reyes: imagine – turning weapons into musical instruments from designboom on Vimeo.

Website: http://www.pedroreyes.net/

No comments

Mata Juga Butuh Ngopi

Kembali ada berita gembira bagi penggila kopi. Kopi ternyata nggak cuma membuat otak kita lebih rileks dan mengurangi stress, tapi memang ternyata bagus banget untuk ...