Jika Penulis Klasik Bermain Media Sosial

0

Penulis jaman sekarang itu enak karena lebih gampang dikenal orang melalui media sosial. Yang followers-nya banyak di Twitter lebih enak lagi, karena tanpa “bantuan” promosi dari pihak penerbit pun mereka bisa mempromosikan karya mereka sendiri.

Berbeda dengan jaman dulu ketika para penulis memang harus punya karya yang sangat baik untuk bisa merebut hati pembaca, bukan karena mereka dikenal banyak orang di media sosial. Orang harus membaca buku mereka dulu baru mengenal mereka, sementara jaman sekarang orang cukup mengenal penulisnya dulu baru membaca bukunya.

Dalam bukunya yang berjudul “Writing on the Wall”, Tom Sandage melakukan kilas balik terhadap sosial media sepanjang sejarah – mulai dari jaman gulungan kertas papirus yang dipakai sebagai alat untuk berkomunikasi pada saat pemerintahan kekaisaran Roma sampai Devonshire Manuscript di era Tudor.

Dengan maraknya media sosial saat ini, kira-kira apa yang akan ditulis oleh para penulis klasik ini melalui akun Twitter mereka ya? Siapa di antara mereka yang benar-benar lucu dan layak untuk di-follow, dan mana kira-kira yang malah akan kita block saking dramanya?

Oscar Wilde

1382476272880-Oscar-Oscar

Penulis yang satu ini diperkirakan timeline-nya akan sangat menarik karena sindiran-sindirannya yang cerdas. Diperkirakan followers-nya di Indonesia pasti banyak, karena pengguna Twitter di sini sangat suka dengan sindiran bukan?

Emily Dickinson

1382476312337-Emily

Twitter akan sangat disukai oleh Emily Dickinson yang meskipun terlahir sebagai orang yang sangat kaya raya, tapi dia adalah seorang penyair yang jarang keluar dari kamarnya. Tweets-nya diperkirakan akan pendek-pendek dan sangat gelap.

Lord Byron

1382476350281-Lord

Wah, Lord Byron ini bisa jadi salah satu tukang sepik di Twitter kalau dia masih hidup dan nge-tweet hari ini! Cewek-cewek pasti akan banyak yang jatuh hati dengan kata-katanya yang “ajaib”! Hehe…

Virginia Woolf

1382476657714-Virginia

Mungkin Virginia Woolf akan mengalami kesulitan untuk menuliskan pemikirannya dalam 140 karakter. Dan bisa jadi dia akan banyak dapat dukungan dan followers dari mereka yang mendukung feminisme.

Shakespeare

1382476526317-Will

Tweet-tweet-nya diperkirakan penuh dengan kegalauan dan kata-kata yang berbunga-bunga cenderung lebay. Dan batasan 140 karakter di Twitter rasanya cukuplah ya untuk menuliskan sebuah kalimat galau…

Roald Dahl

1382476585930-Roald

Penulis buku anak-anak ini sebelum menjadi penulis full-time adalah anggota angkatan udara untuk Royal Air Force dan seorang yang cerdas. Twitter-nya akan penuh dengan kata-kata baru yang aneh dan menyenangkan seperti buku-bukunya. Mungkin kata “ciyus” pun akan jadi temuannya.

Mark Twain

1382476611164-Mark

Wah, penulis yang satu ini sepertinya yang akan paling banyak punya followers karena jokes-nya yang sangat nendang! Bisa jadi kita semua akan jadi followers-nya dengan suka rela, dan dia jadi buzzer dengan bayaran terbesar. Hehe…

Sekarangpun meskipun para penulis ini udah tiada, banyak orang yang membuat akun twitter didedikasikan untuk mengutip kata-kata indah dari tulisan mereka.

Nah, di antara semua penulis di atas, ada yang jadi favoritmu?

Sumber foto: Twitter

No comments