Jenis-Jenis Cappuccino

0

ninth-street-espresso-cappuccino-2

Minuman kopi yang satu ini udah dikenal banyak orang, dan biasanya orang paling suka minum cappuccino saat sarapan pagi, sambil ditemani dengan roti atau kue lezat. Kalo selama ini kamu mikir bahwa minuman kopi yang bernama cappuccino itu cuma ada satu macam, kamu salah besar. Cappuccino itu banyak jenisnya lho sebenernya. Mau tau apa aja?

Traditional Cappuccino

Pada umumnya, cappuccino dibuat dari 1/3 espresso, 1/3 susu, dan 1/3 busa susu. Namun cara ini kurang disukai beberapa orang karena kadang cappuccino-nya jadi pahit. Banyak tempat udah meninggalkan cara ini dan membuat cappuccino dari campuran 1/3 espresso dan 1/3 foamed milk. Kalo cappuccino pesenan kamu ada latte art-nya, berarti si barista itu ngebuatin minuman kamu pake teknik free pouring, bukan nyendok busa susu dan ditaro di atas campuran espresso dan susu (spooning). Rasanya tentu aja lebih enak karena foamed milk-nya jadi nyebar ke seluruh bagian.

Cappuccino Chiaro

Disebut juga sebagai wet cappuccino atau white cappuccino. Bedanya dengan cappuccino tradisional adalah cappuccino basah ini mengandung sedikit lebih banyak susu panas dan lebih sedikit foam di atasnya. Jadi agak mirip latte, memang, cuma foam-nya lebih banyak. Minuman ini cocok kalo kamu lagi pengen minum yang sedikit lebih creamy dari cappuccino pada umumnya.

Cappuccino Scuro

Minuman ini disebut juga sebagai dark cappuccino atau dry cappuccino. Cappuccino kering ini memiliki kandungan susu  karena hanya mengandung sedikit susu, tapi foam-nya dibanyakin. Biasanya yang mesen cappuccino kering ini adalah orang-orang yang suka rasa pahitnya kopi, tapi mungkin masih merasa belum begitu menyukai espresso. Bolelah buat kamu pemanasan sebelum minum espresso. Hehe… Kalo di Italia sana sih katanya minuman ini banyak dipesen sama orang asing, soalnya kalo orang Italia sendiri udah pasti doyan banget sama espresso.

Cappuccino Freddo

freddo

Minuman ini adalah versi dingin cappuccino dan berisi buih susu dingin di bagian atasnya. Cappuccino freddo banyak tersedia di berbagai daerah di Italia, dan biasanya nggak disajikan dengan es batu. Agak beda ya sama beberapa tempat di sini yang nyediain iced cappuccino dengan es batu. Minuman ini terkenal banget di Yunani. Daerah mediteranian juga memiliki sedikit variasi yang berbeda untuk cappuccino freddo, di mana foam susu ditambahkan ke minumannya sesaat sebelum disajikan. Eh tapi masih ada banyak versi kopi dingin sih dari berbagai negara lain.

Flavored Cappuccino

Ketiga jenis cappuccino di atas bisa ditambah dengan rasa mocha, vanilla, caramel, mint, cocoa, atau gula di atas foam susu di atasnya.

 

Kamu sendiri lebih suka yang mana? Kalo kamu cuma pernah ngerasain yang tradisional, mungkin kalo kamu hari ini ke coffee shop langganan kamu. Nggak ada salahnya kamu minta baristanya buatin salah satu jenis cappuccino di atas untuk menuntaskan rasa penasaran kamu atau sekadar sebagai perbandingan. Jangan lupa kasih tip buat baristanya kalo minuman kamu udah dibikin, karena cappuccino itu salah satu jenis minuman kopi yang cukup susah dibuat, soalnya foamed milk yang dibuat si barista harus pas banget bentuknya baru rasanya bisa sempurna. Akur?

 

Salam srupuuth!

Sumber gambar: travelfreak.com dan grayrose.wordpress.com

No comments