Ribetnya Ngopi di Paris

Paris_romance_Vassil_Tzvetanov

Seperti yang kita tahu, orang Prancis itu adalah warga dunia yang paling sombong budaya. Kalau kamu pernah ke Paris, atau pernah dengar cerita orang yang pernah ke Paris, kamu akan tahu betapa sulitnya berkomunikasi dengan para Parisian itu, karena mereka hanya mau berbahasa Perancis dan nggak mau berbahasa Inggris.

Mau nggak mau, suka nggak suka, ketika kita berada di sana ya kita juga harus mencoba berkomunikasi dengan Bahasa Perancis, termasuk ketika kita memesan kopi di coffee shop.

cafe-620x350

Lupakan “Café au Lait” ketika kamu berada di Paris. Meskipun kata ini berasal dari Bahasa Prancis, tapi nggak ada orang setempat yang memesan kopi ini. Yang paling mirip dengan Café au Lait ini adalah Café Crème dan Grand Crème. Dilihat dari namanya, keduanya ini hanya berbeda dari ukurannya saja, sementara isinya sama: espresso dan susu yang atasnya diberi foam, mirip Cappuccino.

Kalau kamu lebih memilih kopi bergaya drip, sebutkan kata “Café Allongé”, yaitu espresso yang dilarutkan dengan air panas. Kalau kamu ingin memesan drip dengan susu, katakan “Café Allongé avec du lait à coté. Gimana kalau kamu cuma pesan “Café”? Jangan kecewa kalau yang akan dibuatkan untuk kamu hanyalah espresso dalam cangkir mungil.

Kopi susu dalam gelas besar yang disukai oleh kebanyakan orang Amerika itu hanya diminum oleh orang Prancis saat sarapan pagi. Mereka biasa mencelupkan roti ke dalam kopi mereka. Sekitar jam 10 pagi, mereka biasa minum espresso. Dan kalau kamu ingin turunannya espresso yang namanya macchiato, kamu bisa memesan “Noisette”. Kata ini sebenarnya berarti “hazelnut”, tapi sama sekali nggak mengandung kacang itu, hanya mungkin menurut mereka warnanya mirip dengan hazelnut. Beberapa istilah lain yang penting untuk kamu ketahui adalah “sucre” untuk “gula”, “edulcorant” untuk “pemanis buatan”, dan “chocolat chaud” untuk coklat panas. Ingin kopi yang decaf? Kamu tinggal bilang “Déca”.

Hal lain yang perlu kamu tahu adalah mengenai harga. Di tempat yang sama, harga kopi bisa berbeda-beda tergantung di mana kamu memilih untuk duduk. Kalau kamu minum di meja harganya jauh lebih mahal dibanding kalau kamu minum di bar. Selain itu, jangan duduk di meja yang ada alat makan dan gelasnya, karena meja itu disiapkan untuk orang yang ingin makan, bukan untuk orang yang hanya datang untuk minum kopi. Jadi jangan tersinggung kalau kamu akan diusir kalau duduk di sana. Ngopi di Paris memang tampaknya ribet, tapi mungkin kamu akan ikhlas menjalani keribetan itu karena keromantisan dan keindahan kota Paris yang menawan itu…

LaPettie-Syrah-630x419

The-menu-outside-the-Peti-009

Yang menarik adalah, ada sebuah coffee shop di French Riviera, Pantai Gading, yang bernama “La Petite Syrah”. Di tempat ini, harga kopinya tergantung seberapa sopannya kamu kepada para barista di sana. Kalau kamu bilang “please”, kamu akan dapat diskon setengah harga. Kalau kamu bilang “hello” dan “please”, kopimu akan dihargai 4 kali lebih murah. Tanpa kata-kata sakti itu, kamu harus membayar 7 euro atau $9,60 untuk secangkir kopi. Mahal ya?

Bonjour, un café, s’il vous plaît?

Sumber gambar: orbitz.com dan beberapa sumber lainnya

Pencil vs Camera

Buat kamu yang hobi banget install berbagai macam aplikasi foto di gadget kamu, pasti kamu juga punya aplikasi Camera 360 kan? Tau nggak kamu bahwa ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official