George Bush Akan Gelar Pameran Lukis?

0

Kalau mantan presiden kita, Habibie, setelah berhenti dari jabatan kepresidenannya namanya terangkat kembali dua tahun yang lalu gara-gara buku “Habibie & Ainun” yang ditulisnya, dan kemudian meledak setelah difilmkan, berbeda dengan mantan presiden Amerika Serikat, George W. Bush, yang setelah pensiun menyibukkan diri dengan melukis. Nggak hanya itu, Bush akan mengadakan pameran tunggal pada bulan April nanti, seperti yang diumumkan oleh The George W. Bush Presidential Center.

ku-xlargeAda lebih dari selusin lukisan yang akan dipertontonkan nanti dalam pameran yang diberi judul “Art of Leadership: A President’s Personal Diplomacy” nanti. Beberapa kritikus seni punya pendapat yang berbeda-beda tentang karya presiden Amerika ke-43 ini. Gawker mengatakan bahwa lukisan Bush itu aneh dan sederhana. Sementara Jerry Saltz, kritikus seni dari majalah New York mengatakan bahwa meskipun lukisan itu nggak terlalu bermutu dan cerdas, namun cukup menarik.

la-na-nn-bush-art-20140225-001a

Ketika diwawancarai oleh Jay Leno di sebuah acara talkshow di televisi pada bulan November tahun lalu, Bush mengatakan bahwa guru seninya pernah mengatakan kepadanya bahwa ada sosok Rembrandt yang terperangkap dalam tubuh Bush, dan ia harus menemukannya. Bush juga mengatakan bahwa ia terinspirasi untuk melukis setelah membaca sebuah esai karya Winston Churchill yang menemukan kedamaian saat melukis pemandangan.

Bush bukan Presiden Amerika Serikat pertama yang suka melukis dan terinspirasi oleh Churchill. Mantan Presiden Dwight D. Eisenhower juga senang melukis, bahkan sebelum turun jabatan sebagai presiden. Eisenhower bahkan sempat menulis sepucuk surat kepada Churchill di tahun 1950 untuk curhat tentang masalah melukis ini. Eisenhower sih nggak sampai bikin pameran kayak Bush, karena dia merasa nggak pede dengan karyanya.

Lalu, apa tujuan dibuatnya pameran ini? Menurut press release yang sudah disebarkan, katanya adalah untuk memberi pendidikan dan informasi kepada pada pengunjung pameran tentang pentingnya peranan seorang pemimpin dalam diplomasi global, agar mereka mengerti hubungan unik yang pernah dijalani oleh Bush dengan para pemimpin dunia lainnya.

r-BUSH-PAINTING-TEACHER-large570a

bush-art

Ini agak membingungkan sih ya, karena dalam pameran itu juga ada lukisan-lukisan tentang kucing dan anjing Bush, juga lukisan potret diri Bush yang sedang mandi. Apa hubungannya dengan dunia politik, mungkin hanya Bush yang tahu.

Siapa tahu pameran lukisan ini akan menginspriasi para tokoh politik lainnya setelah pensiun nanti ya? Yang suka menulis dan menyanyi, mungkin akan terinspirasi untuk membuat konser setelah meletakkan jabatannya nanti.

Siapa tahu, kan?

No comments

10 Cara Membuat Kopi

Teman-teman Kopling pasti udah tau kan kalau cara membuat kopi itu ada bermacam-macam, mulai dari yang manual sampai yang otomatis menggunakan mesin espresso. Sekarang ini ...