Irama Nusantara

0

Pertama kali Kopling kenalan dengan Irama Nusantara adalah ketika kita sama-sama ikut meramaikan sebuah acara yang diadakan di Taman Menteng. Hal pertama yang menyita perhatian Kopling adalah penampakan logo yang kece banget menghiasi booth mereka di sana. Konon untuk soal visual-visualannya Irama Nusantara, itu semua hasil kreasi dari Mayumi Haryoto. Hanya perlu ngobrol sebentar saja dengan mereka membuat Kopling jatuh cinta dengan apa yang mereka lakukan.

Terus, Irama Nusantara itu apa sih? Jadi Irama Nusantara merupakan sentra pengarsipan dan pelestarian data musik populer Indonesia, khususnya semua yang berhubungan dengan data rilisan rekaman fisik yang terhitung mulai dari rilisan era 1950-an. Adapun bentuk rilisan rekaman fisik itu sendiri meliputi rekaman piringan hitam, kaset hingga compact disc. Keren ya?

 

Ketika Kopling tanya apa yang mendasari mereka untuk mau repot-repot bikin seperti ini, jawabannya sederhana, mereka mencintai musik Indonesia, dan ingin melakukan sesuatu yang lebih. Menurut para penggagas Irama Nusantara, bentuk apresiasi budaya yang bersifat sosial ini merupakan gerakan yang dilandasi oleh kesadaran, mengingat betapa penting dan dibutuhkannya pengarsipan serta pelestarian data musik populer Indonesia yang merupakan bagian dari sejarah perkembangan seni dan budaya Indonesia.

Aktivitas dan kegiatan Irama Nusantara yang mendasar adalah mengumpulkan, mendata, mengkonversi menjadi bentuk digital semua rilisan rekaman fisik musik populer Indonesia yang pernah ada termasuk semua informasi didalamnya yang terkait secara langsung atau tidak, baik itu artis yang terlibat, pencipta lagu, band pengiring, label rekaman hingga musik dan lagunya itu sendiri. Kedepannya Irama Nusantara akan berusaha menyajikan kembali semua data tersebut kedalam bentuk-bentuk kajian baru, yang nantinya dapat lebih dinikmati dengan mudah oleh masyarakat.

Melalui gerakannya, Irama Nusantara bertujuan ingin mengembalikan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia pada umumnya akan pentingnya pengarsipan dan pelestarian sejarah seni dan budaya yang dimiliki oleh bangsanya, sehingga diharapkan nantinya masyarakat dapat lebih mencintai dan menghargai seni dan budaya yang mereka miliki tersebut yang juga merupakan aset bangsa yang berharga serta bagian dari sejarah perjalanan panjang bangsa Indonesia.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai Irama Nusantara, silahkan cek iramanusantara.com dan langsung aja follow mereka via Twitter @IramaNusantara.

About author

No comments

Dunia Perfilman & Selera Indonesia

Nampaknya, Sinetron (sinema elektronik) yang tumbuh di akhir 1980-an, belum puas memberi kenikmatan semu dan menyesakkan televisi nasional. Dengan menggeser kartun-kartun pagi di hari Minggu, ...