Serba-serbi Aeropress

0

Beberapa bulan lalu baru saja diadakan perlombaan aeropress dunia di Seattle. Perlombaan itu terasa istimewa karena didatangi langsung oleh empunya aeropress, Alan Adler.

Pasalnya, sejak dikenalkan kepada khalayak pada tahun 2005, Aeropress terus membumbungkan namanya di penikmat kopi seluruh dunia terutama untuk mereka yang biasa menyeduh kopi di rumah. Aeropress dianggap coffee maker manual terbaik yang sederhana untuk menghasilkan espresso.

Sejak dimulai perlombaan kopi menggunakan aeropress itulah berbagai macam cara diakali oleh para barista untuk memaksimalkan hasil seduhannya. Cara-cara baru banyak muncul sejak nama aeropress booming, seperti inverted aeropress. Tak hanya itu, trik membuat kopi dengan aeropress juga banyak bermunculan. Sebenarnya apa sih yang bisa membuat hasil kopi kita itu maksimal dengan menggunakan aeropress?

Hampir sama jika menyeduh dengan metode lain, hal-hal seperti grind size, water temperature, dan paling penting keterampilan kita mengombinasikan hal tersebut.

Dengan teknik apapun, penggunaan aeropress harus dimulai dengan membasahi filter yang diletakkan di dasar tabung seduh dengan air panas. Ini dimaksudkan zat-zat kimia yang menempel di kertas saring dan menghangatkan tabung seduh.

aeropress

Aeropress (sumber: mycoffeegourmet.com)

Grind size

Persoalan ukuran biji kopi yang akan kamu grind sebenarnya menyesuaikan dengan seleramu, tapi umumnya untuk aeropress, biji kopi digiling dengan medium sehingga hasilnya tidak halus juga tidak terlalu kasar. Ini memudahkan kamu ketika proses penyeduhan. Setelah di-grind, masukkan bubuk kopi ke dalam tabung seduh.

Suhu air dan cara penyeduhan

Untuk temperatur air pada metode Aeropress cenderung di suhu 85-88 derajat Celcius agar hasil ekstrasi yang dihasilkan maksimal. Dengan volume air 250 ml dan dituangkan pada kopi yang telah ditaruh di tabung seduh, tuang air awal sekitar 50ml untuk penyerapan awal, kemudian tunggu 30-40 detik, tuang semua air ke dalam tabung seduh. Aduk selama kurang lebih 10 detik arah jarum jam. Dan masukkan tabung penekan, kemudian tekan perlahan sampai sebelum bunyi ”cess” kamu sudah boleh berhenti menekan.

Enjoy the Brew!

aeropress

About author

No comments

Peminum Kopi yang Terekam dalam Instagram

Sebuah akun Instagram baru meraih kepopuleran luar biasa, hanya saja karena menampilkan pria-pria tampan dengan kopi mereka. Pria-pria tersebut diperlihatkan akrab dengan kopi yang menjadi ...