Mendaur Ulang Bubuk Kopi

1

coffee-grounds-(1)

Kadang kita membeli kopi bubuk karena alasan kepraktisan, tapi karena kopi yang sudah digiling itu nggak se-fresh dengan biji kopi yang baru digiling, pada waktunya bubuk kopi yang sudah terlalu disimpan baunya jadi nggak sedap lagi. Dibuang? Sayang dong. Lalu apa yang harus kita lakukan?

Satu

Seperti yang sudah pernah Kopling share sebelumnya, bubuk kopi itu bagus lho untuk dijadikan pupuk tanaman. Tapi ingat, nggak semua tanaman bisa dikasih kopi, hanya tanaman-tanaman yang “suka rasa asam”, seperti mawar, azalea, camelia, dan beberapa tanaman lainnya.

Dua

Seberapa suburnya pun tanah di pekarangan rumah kamu, tetap aja nggak akan bebas dari hama dan siput beracun kan? Akibatnya, tanaman kamu juga nggak subur. Nah, bubuk kopi ini bisa lho kamu pakai untuk mengusir tamu-tamu kecil yang menyebalkan itu.

Tiga

Rumah dan halaman kamu banyak semut? Taburi bubuk kopi!

Empat

Kucing kesayangan kamu sering merusak tanaman kesayangan kamu? Jangan dimarahi. Karena kucing nggak suka sama bau kopi dan baut kulit jeruk, buatlah larutan yang mengandung keduanya lalu semprotkan pada tanaman kamu. Dijamin si manis nggak akan mendekat lagi.

Lima

Kalau kamu menanam wortel di rumah, campur bibit wortel sebelum kamu tanam dengan bubuk kopi kering. Wortel kamu akan tummbuh subuh dan jauh dari hama.

Enam

Orang-orang di negara empat musim pasti punya fireplace atau perapian di dalam rumah mereka. Bubuk kopi bisa dipakai untuk membersihkan perapian itu dengan cara ditaburkan, karena bisa memberatkan debunya dan mengurangi asap. Selain itu, baunya juga akan jadi harum.

Tujuh

Bubuk kopi juga bisa dipakai untuk mewarnai kain, kertas, dan juga telur paskah. Caranya? Tinggal merebus bubuk kopi dengan air panas. Gampang kan?

Delapan

Butuh pengharum untuk mobil kamu? Masukkan bubuk kopi ke dalam kaus kaki bekas, ditambah 2 tetes esens vanilla. Ikat ujungnya, dan gantung di kaca spion.

Sembilan

Di beberapa coffee shop, asbak mereka diberi bubuk kopi di dasarnya. Kenapa? Supaya bau rokoknya nggak terlalu menyebar ke mana-mana.

Sepuluh

Taburkan bubuk kopi ke dalam kulkas kamu untuk menghilangkan bau makanan yang ada di dalamnya.

Sebelas

Beberapa selebriti menggunakan bubuk kopi untuk menghilangkan selulit. Campur putih telur dengan bubuk kopi, panaskan dalam microwave, lalu oleskan di kulit kamu yang terkena selulit.

Dua belas

Ini juga pernah dibahas Kopling. Bubuk kopi bisa dipakai untuk mewarnai rambut. Masih ingat kan?

Tiga belas

Bubuk kopi yang dicampur dengan minyak vitamin E bisa dipakai untuk luluran lho. Kulit kamu akan lebih sehat dan kencang setelahnya.

Empat belas

Kalau kamu suka berjemur, tambahkan segelas air pada bubuk kopi kamu, lalu rebus. Setelah dingin, oleskan ke tubuh kamu dan diamkan selama 15 menit. Kulit kamu akan berwarna lebih gelap, tanpa harus rusak karena sinar matahari.

Lima belas

Campur seperempat cangkir bubuk kopi dengan putih telur, lalu oleskan di wajah kamu. Setelah kering, bilas. Wajahmu akan menjadi lebih kencang tanpa facelift!

1 comment

Post a new comment

Art Market Jakarta 7: ARTofLIFE

We’d like to introduce you to all participants of Art Market Jakarta 7 that will be held on April 28-30, 2017 at Kuningan City, South ...