Art

Tingkatkan Kemampuan Menggambar dengan Cara-cara Berikut

Apakah kamu ngerasa kalau kemampuan menggambarmu masih butuh dikembangkan lagi? Nah, mungkin artikel ini bisa ngebantu kamu memberikan pandangan gimana caranya meningkatkan kemampuan menggambarmu dalam 14 cara. Baiknya sih, kamu coba!

Menggambar upside down

Menggambar upside down hanyalah perihal perspektif di mana gambar yang kamu buat dari atas ke bawah, menyatu dengan gambar bawah ke atas. Hal ini guna melatih keakuratan menggambar kamu.

Mirror, mirror

Maksudnya, kalau kamu ingin menilai seberapa seimbang gambarmu, kamu bisa gunakan kaca untuk melihat simetris atau tidaknya antar dua sisi. Leonardo da Vinci menggunakan cara ini, lho!

Bereksperiman dengan berbagai media

Kalau kamu memiliki kesenangan menggunakan pulpen, cobalah media lain untuk menggambar. Dimulai dari yang sederhana, misalkan pensil. Dengan bereksperimen terhadap media yang berbeda kamu akan mengenali karakteristik tiap media yang kamu gunakan dan ini akan membantumu untuk menggambar jika kamu diminta untuk menggambar dengan berbagai media.

Tajamkan pensilmu!

Pastikan pensil yang kamu gunakan lancip! Sehingga memudahkan kamu untuk menggambar.

Gunakan tanah liat

Jika kamu ingin menyisipkan cahaya dan bayangan pada gambarmu. Ambillah tanah liat dan bentuklah tanah liat tersebut menjadi bentuk yang ingin kamu gambar. Lalu, taruh di tempat yang cukup cahaya, perhatikan bayangan sesuai dari mana cahaya itu datang. Ini akan memudahkanmu menggambar bayangan pada gambarmu.

Light relief

Menggambar dengan kontur mungkin akan membuat gambarmu jadi tidak biasa. Sebagai contoh, ketika kamu menggambar wajah, titik yang paling “tinggi” ialah ujung hidung, jadi mulailah dengan menggambar lekuk hidung. Ketika selesai, gambarmu akan terlihat seperti 3D

3b961a2ff2fd6f9e0fe51d0030466df9

source: finearttips.com

Pakai metode grid

Biasanya hal ini lebih banyak digunakan saat memakai peranti lunak seperti photoshop. Tapi ada juga yang menggunakannya saat mengambar manual. Metode grid memudahkanmu untuk menggambar lurus dan proporsional. Juga memudahkanmu ketika menyalin gambarmu ke kertas lain dengan acuan titik yang kamu buat pada grid pertama.

Mulai dengan menggambar bentuk

Kalau kamu ingin menggambar seekor gajah, dari mana kamu memulainya? Gading? Atau telinga? Dari mana saja tidak masalah, tapi dengan memulai gambar yang kecil-kecil kamu akan kehabisan waktu untuk menggambar yang lain. Gajah memiliki otot bahu yang kuat, kepala besar dan kaki tebal, jadi lebih baik dalam menggambar mulailah dengan menggambar bentuk atau potongan-potongan dan lanjut ke tingkat yang lebih detil untuk menyempurnakan.

Gambar dengan cepat!

Latihlah kemampuan menggambar kamu dengan cepat. Tidak apa-apa jika hasilnya tidak sempurna, hal ini wajib diulangi agar kamu terbiasa dengan menggambar cepat, sehingga pada akhirnya kamu akan menciptakan gambar sempurna dengan cepat.

Gambar ruang negatif

Cara lain untuk mendapatkan perspektif baru pada subjek kamu adalah dengan tidak menggambar hal itu sendiri, tetapi ruang negatif di sekitarnya. Ini bekerja sangat baik bila menggunakan charcoal. Kamu pernah melihat ilusi optik yang terlihat seperti tongkat lilin atau dua wajah, tergantung pada bagaimana kamu melihatnya? Ini menunjukkan bagaimana ruang negatif dapat memberikan gambar yang menarik dalam dirinya sendiri.

Mouse hole drawing

Jika kamu terjebak dalam kebiasaan dan kurang inspirasi, coba melihatnya melalui mouse hole drawing. – betapa berbedanya gambar kamu bila dilihat dari titik tinggi tinggi, membawa warna, tekstur dan bahkan goresan kecil ke dalam fokus yang tajam. Pada intinya, mouse hole drawing membuat perspektif baru terhadap gambar kamu. Dan ini menarik!

Dimensi baru

Menggambar pada dimensi besar dan menggambar pada dimensi kecil sangatlah berbeda. Latihlah tanganmu mulai menggambar dari berukuran kartu post, lalu meningkat ke kertas yang lebih besar. Sehingga dari situ kamu bisa belajar mengolah teknik yang berbeda tergantung dari ukurang kertas yang kamu gunakan.

Ber-digital

Apakah kamu ingin ada sentuhan digital dalam gambarmu? Adobe Creative Suite bisa dijadikan pilihan sebagai peranti lunak yang mampu membuat karyamu lebih wah lagi. Dengan teknik-teknik yang tersedia, sentuhan digital akan membuat gambarmu akan lebih hidup.

Mulai membuat portofolio

Setelah kamu meningkatkan kemampuan menggambarmu dengan berbagai latihan, kumpulkanlah hasil gambarmu selama latihan, lihat perkembangannya, dan mulai untuk buat portofolio supaya orang lain bisa melihat karyamu yang semakin lama semakin berkembang.

Selamat berkarya!

About author

Minuman Kopi World Cup 2014

Soda adalah salah satu minuman yang menurut para ahli kesehatan kurang baik bagi kesehatan kita, karena dapat menyebabkan dehidrasi. Belum lagi jumlah soda dalam satu ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official