Selamat Hari Kopi!

“I don’t know how people live without coffee, I really don’t.”
– Martha Quinn

Mungkin keharusan untuk minum kopi setiap hari itu hanyalah masalah kebiasaan yang kemudian menjadi kebutuhan. Mungkin begitu. Dan beberapa pecandu kopi terkadang harus berjuang melepaskan diri dari kopi setelah sekian lama jadi pencinta kopi, karena alasan kesehatan – meskipun sebenarnya banyak juga manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh dari secangkir kopi.

il_570xN.285190532

No Coffee No Workee! (sumber: etsy.com)

Selain karena kesehatan yang nggak memungkinan, beberapa orang bahkan nggak pernah merasakan nikmatnya kopi seumur hidupnya karena alasan keagamaan. Benar. Beberapa aliran dalam kekristenan, Mormon dan Adven Hari Ketujuh, memang melarang umatnya untuk mengkonsumsi kafein, karena mereka memang diajarkan untuk menjauhkan diri dari segala hal yang dapat menyebabkan ketagihan. Semua agama dan kepercayaan memang mempunyai aturannya masing-masing, bukan?

Tapi sebenarnya apa yang membuat orang dapat ketagihan kopi? Apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh kita sampai-sampai kita bisa begitu tergantung pada kopi?

Menurut Dr. Gary L. Wenk, seorang profesor ahli ilmu syaraf dari Ohio State University, kafein dalam kopi itu bisa membuat orang ketagihan karena rangsangan yang didapatkan saat mencium aroma dan minum kopi. Kemudian, organ hati kita berkompensasi dengan zat kimia dengan kafein, dan otak kita pun membuat penyesuaian. Lama kelamaan kita membutuhkan semakin banyak kopi setiap hari untuk mencapai daya rangsang yang sama, atau bahkan lebih.

Kopi membuat orang merasa bahagia karena kemampuannya untuk menyentuh setiap sistem dalam otak kita, tanpa membunuh. Kopi adalah sesuatu yang relatif murah yang dapat meningkatkan kinerja dan moral para pekerja. Dan ini bukan hal yang buruk, bukan?

Manusia selalu mencari cara untuk menjadi lebih baik, lebih produktif, dan lebih bahagia. Kalau cara itu dapat dicapai dengan cara sederhana seperti minum kopi, mengapa nggak? Dan menjadi seorang pecandu kopi bukanlah hal yang buruk. Orang yang nggak minum kopi bukan berarti dirinya lebih baik dari mereka yang setiap hari harus minum kopi.

Begitu pun dengan yang makan kopi. Bukan berarti mereka kalah keren dengan yang minum kopi. Toh bahannya sama-sama kopi, bukan?

Tunggu. Makan kopi? Gimana nih maksudnya?

Begini, kopi kan selain menjadi minuman juga sering dibuat bahan makanan. Dan yang menarik adalah, ada sepasang mahasiswa dari Northeastern University, Johnny Fayad dan Ali Kothari, yang baru-baru ini menciptakan energy bar yang mereka beri nama “CoffeeBar”.

CoffeeBar

Para pria di balik penemuan Coffee Bar (sumber: oobg.com)

http://c.o0bg.com/rf/image_960w/Boston/2011-2020/2014/09/22/BostonGlobe.com/Lifestyle/Images/CoffeeBar.jpg

Ide ini berawal ketika pada suatu pagi, Kothari kesiangan bangun sampai nggak sempat sarapan pagi, meskipun masih menyempatkan diri untuk minum kopi. Tapi karena terburu-buru, kopinya tumpah di pakaiannya dan dia nggak sempat mengganti pakaian.

Teman sekelasnya, Fayad menertawakannya dan mereka lalu mulai melakukan eksperimen di ruang dapur asrama mereka. Setiap CoffeeBar mengandung 102 miligram kafein yang jumlahnya setara dengan beberapa cangkir kopi.

coffeebar-2

Coffee Bar (sumber: oobg.com)

Produk ini memang belum mendapat perizinan dari FDA, tapi sudah dapat didapatkan dengan harga $25 per lusin. Mereka menjualnya untuk kampanye Kickstarter dan biji kopi yang mereka olah mereka dapatkan langsung dari para petani kopi. Selain kopi, makanan berenergi itu juga mengandung biji gandum, butiran cokelat, mentega kacang almon, dan kacang mede.

Kedengarannya sangat lezat ya?

Anyway…

Hari ini, tanggal 29 September, kita kembali memperingati Hari Kopi Internasional. Sebagai pencinta kopi, bisa ceritakan sedikit nggak ke Kopling bagaimana awalnya kamu memutuskan untuk menjadikan kopi sebagai sahabat kamu?

Selamat hari kopi, teman seperkopian!

Margasatwa di Mata Anak Umur 11 Tahun

Apa yang kamu lakukan ketika umurmu 11 tahun? Bermain playstation? Membuat origami? Di Indonesia, itu sudah biasa. Di Serbia, seorang anak berumur 11 tahun sudah ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official