Lukisan-Lukisan “Mistis”

Ada seniman yang terkenal karena penghargaan yang diterimanya, ada juga yang karena karyanya yang fenomenal. William (Bill) Stoneham adalah salah satu dari seniman itu.

Bill lahir pada tahun 1947 di Boston dan hidup selama 9 bulan di sebuah panti asuhan sebelum kemudian diadopsi. Di akhir tahun 2011, Bill baru mencari orangtua kandungnya dan menemukan seorang saudara kandungnya dan 3 saudaranya yang lain.

Bill adalah seorang seniman multi talenta yang karyanya pernah difilmkan, juga mampu membuat seni video game, menulis, menggambar ilustrasi, juga melukis dengan cat minyak. Salah satu ilustrasinya yang berjudul “The Hands Resist Him” adalah awal keterkenalannya, sejak dilelang di eBay pada tahun 2000. Ilustrasi¬† itu sering disebut di beberapa buku, artikel, dan media budaya lainnya.

Apa yang membuat ilustrasi itu terkenal?

TheHandsResistHim-lg

Pertama kali, “The Hands Resist Him”, dipamerkan di Feingarten Gallery di Beverly Hills pada awal tahun 70-an, lalu dibeli oleh seorang aktor, John Marley yang pernah berperan sebagai Jack Woltz dalam film “The Godfather”. Setelah John meninggal, ilustrasi itu ditemukan oleh sepasang manula dan mereka menjualnya melalui eBay. Kedua suami isteri itu mengaku bahwa ilustrasi itu membawa kutuk, dan kadang karakter-karakter dalam ilustrasi itu bergerak pada malam hari. Kadang, menurut mereka, boneka yang ada di dalam ilustrasi itu menyerang anak laki-laki yang juga ada di dalam ilustrasi itu dengan pistol, sehingga anak itu lari terbirit-birit. Cerita itu tersebar, dan foto itu dilihat orang sebanyak 30.000 kali.

Awal penawaran tersebut dibuka dengan harga $199, dan akhirnya terjual dengan harga $1.025. Pembelinya adalah Perception Gallery di Grand Rapids, Michigan. Bill terkejut ketika dihubungi oleh pihak galeri yang ingin mengkonfirmasi cerita di balik ilustrasi itu. Menurut Bill, cerita itu hanya dibuat oleh pihak penjual agar ilustrasi itu laku dengan harga tinggi.

resistance-at-the-threshold-lg

Meskipun begitu, Bill tidak menolak ketika diminta untuk membuat sequel dari ilustrasi itu, dan diberi judul “Resistance at the Threshold”. Dalam ilustrasi itu, anak kecil yang ada di ilustrasi sebelumnya sudah berusia 40 tahun. Kesuksesan masih bersama Bill, sehingga dia kembali membuat sequel lainnya yang berjudul “Threshold of Revelation” di tahun 2012.

threshold-of-revelation-william-stoneham

Jadi, siapakah anak laki-laki yang ada dalam ilustrasi itu? Menurut Bill, itu adalah dirinya sendiri dan boneka itu adalah penuntunnya yang membawanya ke dunia lain. Tangan-tangan yang ada di pintu kaca itu mewakili kehidupan dan kemungkinan lainnya.

Memang cukup seram sih ya?

347852-crying-boy

Di Inggris juga ada fenomena semacam ini. Pada tanggal 4 September 1985, sebuah tabloid “The Sun” melaporkan bahwa seorang pemadam kebakaran dari Yorkshire menemukan beberapa kopi dari sebuah ilustrasi yang sering ditemukan di rumah-rumah yang habis terbakar. Ilustrasi itu tidak boleh ada di rumah seorang pemadam kebakaranpun, karena mengandung kutuk dan kutuk itu baru bisa gilang ketika ilustrasi itu diberikan kepada orang lain.

Riset pun diadakan, dan hasilnya “The Crying Boy” yang tidak dapat terbakar itu sebenarnya dilapisi oleh cairan anti api…

Boleh percaya, boleh tidak. Selama ada penjabaran ilmiahnya, rasanya hal yang mistis pun jadi masuk akal ya?

 

Sumber foto: stonehamstudios.com

Teater Musikal Sekolahan

Kemarin Kopling dikasi info oleh salah seorang teman sekaligus pendukung Kopling, Kemal Pamungkas, yang aktif di dunia teater, kalau dia dan teman-teman lainnya yang tergabung ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official