Karya-Karya Seni Yang Tak Terselesaikan

Kalo kamu seorang penulis yang pernah nyoba nulis buku, tapi tulisanmu sampe sekarang belum selesai, selesaikan dong. Hehe. Eh, tapi kalo nantinya kamu terkenal, bisa jadi draft tulisan kamu yang belum jadi itu bisa ikutan dicari orang, lho, sama seperti buku terakhirnya Charles Dickens, “The Mystery of Edwin Drood”, yang belum selesai ditulis itu karena Dickens keburu meninggal pada usia 58 tahun.

TheMysteryOfEdwinDrood_1539

Buku itu sebenarnya hampir selesai, tapi ternyata Tuhan berkehendak lain. Sayangnya, Dickens nggak meninggalkan catatan atau outline, jadi sampe sekarang orang nggak tau siapa karakter dalam cerita itu yang jadi pembunuh. Yang aneh adalah pada tahun 1873 ada orang yang bernama Thomas James yang mengaku bahwa dia kesurupan arwah Charles Dickens yang ngasih tau terusan cerita itu. Tapi akhirnya gara-gara James itu, buku itu selesai ditulis. Banyak yang bilang, gaya tulisannya memang mirip banget sama gaya Dickens.

Selain buku, ada juga beberapa lukisan terkenal yang belum selesai diselesaikan oleh pelukisnya. Yuk simak!

The Athenaeum

458px-Gilbert_Stuart_003

Gambar di uang kertas Amerika yang bernilai $1 itu adalah karya Gilbert Stuart yang memang spesialisasinya melukis para raja dan presiden pada jamannya. Yang nggak banyak diketahui orang, gambar Presiden George Washington itu sebenernya adalah lukisan yang belum selesai dan diberi nama “The Athenaeum”. Stuart nggak menyelesaikan lukisan ini sampe bikin kesel pihak istana, sampe akhirnya Stuart meninggal di tahun 1828. Lukisan yang nggak selesai ini ketika itu dibuat beberapa kopi dan satunya dijual seharga $100.

Unfinished Portrait

FDR_portrait_alone_no_background

Pada tahun 1943, Elizabeth Shoumatoff diminta oleh temannya, Lucy Mercer Rutherfurd, yang juga adalah istri simpanan dari Presiden Franklin Delano Roosevelt untuk membuat lukisan tentang Sang Presiden Amerika ke-32 itu. Tapi lukisan itu baru dibuat pada tanggal 12 April 1945, dan beberapa jam setelahnya, Roosevelt meninggal karena pendarahan di otak.

Gran Cavallo

793f74cf-91ea-46d1-b26c-71665ef3824f

Leonardo Da Vinci terkenal sebagai seniman nyentrik yang gampang bosen dan gampang beralih ngerjain projek lainnya. Tapi beberapa karyanya ada yang nggak selesai dibuat karena sebab lain.

Gran Cavallo ini dibuat atas pesanan Duke of Milan untuk ayahnya. Patung ini dikerjakan Da Vinci selama 12 tahun dan pada tahun 1492 patung setinggi 23 kaki ini dipertontonkan dan mendapat pujian dari banyak orang. Sayangnya, sebelum patung ini bener-bener selesai, terjadi perang antara Prancis dan Italia. Akhirnya, bahan untuk membuat patung ini malah dijadiin bahan pembuat senjata. Lima ratus tahun kemudian, dua patung kuda dibuat sesuai dengan sketsa yang dibuat oleh Da Vinci.

Treaty of Paris

Treaty_of_Paris_by_Benjamin_West_1783

Lukisan karya Benjamin West ini nggak selesai karena delegasi dari Inggris yang seharusnya ada di lukisan itu menolak untuk dilukis – dan lukisan itu dibiarkan nggak selesai.

Tintin and Alph-Art

alphart1

Di jaman modern, tersebutlah nama Herge yang terkenal dengan serial “Petualangan Tintin” itu. Sayangnya, buku terakhirnya nggak selesai digambari komiknya oleh Herge karena keburu meninggal. Buku itu tetap diterbitkan dan untung ceritanya juga udah selesai ditulis. Sayangnya, komiknya belum selesai dibuat…

Beberapa lukisan yang belum selesai dibuat ada yang diselesaikan oleh orang lain, dan biasanya “orang lain” itu adalah murid si seniman itu sendiri, seperti Giulio Romano yang menyelesaikan lukisan “Transfiguration” karya Raphael dan Titian yang menyelesaikan “Sleeping Venus” karya Giogione.

398px-Transfiguration_Raphael

Giorgione_-_Sleeping_Venus_-_Google_Art_Project_2

 

Sumber gambar: wikipedia dan beberapa sumber lainnya

[LIPUTAN] “Goodness” Exhibition

Warna-warni cerah dan karakter-karakter keren nan kontemporer #tsahelah, itulah yang menyambut mata Kopling ketika menapakkan kaki di Vivi Yip Art Room hari Sabtu tanggal 13 ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official