Art

Berbahagialah Mereka yang Kreatif!

n-CREATIVITY-large570

Apa yang membuat orang bahagia? Ada yang bilang, punya uang banyak itu akan membuat bahagia, tapi pada kenyataannya banyak orang kaya yang hidupnya nggak bahagia. Cinta? Wah, banyak tuh orang yang malah galau karena cinta. Lalu apa dong?

Ternyata, sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan beberapa mahasiswa membuktikan bahwa orang yang melibatkan dirinya ke dalam kegiatan kreatif adalah orang-orang yang berbahagia. Penelitian ini dilakukan di University of North Carolina-Greensboro dan dipublikasikan dalam jurnal Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts.

hires

Para periset itu mengatakana bahwa kita nggak perlu menjadi seorang pujangga atau pelukis untuk meraih keuntungan dalam proses kreativitas. Orang-orang yang melakukan kegiatan kreatif selalu menemukan hubungan-hubungan yang baru, mempunyai pandangan-pandangan baru, karenanya pikiran mereka lebih terbuka dan mereka menjadi lebih bahagia.

Beberapa teman blogger mengatakan bahwa mereka merasa lebih lega dengan cara menulis. Tapi masalahnya, nggak semua orang bisa menuangkan kata-katanya ke dalam bentuk tulisan. Nggak apa-apa. Kalau kamu nggak bisa menulis, kamu juga bisa menuliskan perasaan kamu melalui gambar. Nggak bisa menggambar? Suka menyanyi nggak? Itu kegiatan kreatif juga lho. Nggak usah bersuara indah baru mau menyanyi kan? Kita bisa menyanyi di kamar mandi, atau karaoke dengan teman-teman. Atau, kamu ngerasa kemampuan di bidang seni atau kreatif masih kurang terasah? Dengan melibatkan dirimu sebagai salah satu tim panitia kegiatan kreatif itu juga salah satu cara untuk menyalurkan kreativitas. Kreativitas nggak melulu hanya skill, tapi bisa juga berupa ide-ide brilian. Steve jobs, contohnya. Dia bukan teknisi canggih di balik semua perangkat Apple, tapi dia adalah otak di balik terciptanya semua perangkat tersebut. Kreatif? Tentunya!

st1155

Kembali lagi ke masalah riset tadi. Para mahasiswa yang disuruh melakukan kegiatan kreatif melaporkan bahwa mereka merasa lebih bahagia, karena lebih kreatif. Yang menarik, para periset nggak menemukan sebuah bukti pun tentang perasaan-perasaan negatif para peserta riset, seperti kemarahan, kesedihan, atau kecemasan. Jadi para periset itu menganjurkan agar tiap hari kita melakukan kegiatan kreatif kalau mau terus merasa bahagia.

Kamu sendiri sekarang sedang melakukan apa? Draft novel atau sketsa kamu belum selesai karena kamu kehabisan ide? Santai aja, buat pelan-pelan – dan sementara kamu stuck, kamu bisa melakukan kegiatan kreatif lainnya yang akan berpengaruh secara psikologis kepada pertumbuhan kebahagiaan kamu. Semakin luas kegiatan kamu, besar kemungkinan draft novel atau sketsa lukisan yang sedang kamu buat juga akan semakin lebih baik.

Terus berkarya, dan jangan pernah lupa untuk berbahagia ya!

 

Sumber foto: wordpress.com dan beberapa sumber lainnya.

Sejarah Kopi dalam Sastra

O coffee! Doved and fragrant drink, thou drivest care away, The object thou of that man’s wish who studies night and day. Thou soothest him, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official