Dengarkan Apa Kata Poster

Banyak cara untuk menarik perhatian orang lain. Ada orang yang berdandan dengan cara yang unik dan berbeda, dan ada juga yang menarik perhatian dengan cara orasi atau melakukan demo. Menarik perhatian itu nggak selalu harus dengan berteriak-teriak, karena juga bisa dilakukan dengan diam. Dengan membuat dan menyebarkan poster, misalnya.

Poster nggak melulu berisi gambar. Ada poster yang isinya hanya tulisan, atau gabungan dari keduanya. Poster memang dibuat untuk menarik perhatian, sekaligus menyebarkan informasi. Ada yang menggunakan poster sebagai media promosi, atau sebagai reproduksi karya seni yang terkenal – karena harganya akan jauh lebih murah.

Menurut seorang ahli sejarah Perancis, Max Gallo, poster telah digunakan selama lebih dari 200 tahun di seluruh dunia untuk menarik perhatian orang-orang yang lalu lalang di sekitar poster itu dipasang, untuk memberi kesadaran akan pendapat politik tertentu, undangan untuk menghadiri suatu acara, atau mendorong orang untuk membeli produk tertentu. Poster modern baru ada sekitar tahun 1870 ketika industri percetakan sudah mampu mewarnai dengan sempurna dan dapat mencetak poster secara massal.

Sementara kurang dari 100 tahun yang lalu, poster adalah bentuk vital dalam banyak karya seni, dan banyak pelukis yang menggunakan poster ini sebagai medianya, mulai dari gaya Art Nouveau, Simbolisme, Kubisme, Bauhaus, sampai gaya para hippie di tahun 1960-an. Para seniman yang memakai poster ini antara lain adalah Toulouse-Latrec dan Mucha.

Pada tahun 1890-an, teknik pembuatan poster ini makin berkembang di seluruh benua Eropa. Beberapa seniman Perancis terkemuka banyak membuat poster dalam periode ini, seperti Henri de Toulouse-Lautrec, Jules Chéret, Eugène Grasset, Adolphe Willette, Pierre Bonnard, Louis Anguetin, Georges de Feure, dan Henri-Gabriel Ibels. Chéret dapat dianggap sebagai bapak dari seni periklanan. Dia adalah seorang seniman yang melukis yang lalu menciptakan 1.000 iklan, kebanyakan untuk pameran, teater, dan produk. Poster lalu bertransformasi dan mengubah kota Paris menjadi galeri seni di jalan-jalan raya, dan poster mengalami masa jayanya di Paris pada tahun 1884 ketika banyak pameran besar diadakan di kota yang paling romantis di dunia itu.

Che Guevara

Sebagai media politik, pada tahun 1960-an saat lahirnya pop art dan protes di dunia barat, poster banyak digunakan. Yang paling terkenal sampai sekarang adalah poster yang dibuat oleh para murid-murid Perancis yang diberi judul “événements” di bulan Mei 1968, juga poster karya Jim Fitzpatrick yang menggambarkan Che Guevara, yang kemudian menjadi simbol pemberontakan anak muda. Poster lainnya yang bermuatan pesan politik yang terkenal adalah poster yang dikeluarkan oleh American Family Association setelah serangan 11 Septemer di seluruh Amerika, yang bertuliskan “In God We Trust” dan berukuran 11 x 14 inci, serta dibingkai.

In God We Trust

Selain sebagai media untuk hal-hal yang kedengerannya berat, poster juga bisa dipake untuk bikin orang tertarik mempelajari sesuatu yang keliatannya susah kalo cuma dipahami lewat tulisan. Kopling pernah memuat artikel tentang poster yang dibuat oleh Max Temkin yang berisi kutipan-kutipan dari para filsuf ternama dan ilustrasi yang sederhana tapi keren. Lalu ada juga poster yang berisi tentang 50 jenis burung yang menjadi simbol di tiap negara bagian di Amerika Serikat.

50 jenis burung

Selain itu, ada dua orang seniman yang tergabung dalam The Project Twins yang membuat poster untuk menerangkan beberapa kata yang (mungkin) sulit diterangkan dengan kata-kata, seperti kata “yonderly” ini, yang artinya keadaan di mana seseorang hanya berada di suatu tempat secara fisik, tapi pikirannya sedang berada di tempat lain.

yonderly

Poster-poster yang sarat dengan gambar binatang-binatang dalam mitologi Yunani dalam bentuk geometris ini juga menarik ya? Gimana menurut kamu?

mitologi yunani

Terkadang tulisan aja emang nggak cukup untuk menggambarkan sesuatu, apalagi kalo target pembacanya adalah orang-orang yang lebih suka visual. Makanya orang suka menambahkan ilustrasi ke dalam tulisan supaya lebih menarik. Tulisan Kopling ini juga jadi lebih enak buat dibaca karena ada gambarnya kan?

Pirografi: Melukis dengan Matahari

Kalau beberapa hari yang lalu Kopling berbagi cerita tentang orang-orang yang melukis di atas salju, hari ini Kopling ingin berbagi kisah tentang seorang seniman dari ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official