Batik dan Kebudayaan Indonesia

Batik kembali naik daun setelah ditetapkannya Hari Batik sejak tanggal 2 Oktober 2012 tahun lalu. Setiap Jumat, kebanyakan kantor menghimbau para pekerjanya untuk berbusana batik ke tempat kerja. Dan kita senang-senang saja bukan? Karena ternyata batik itu bisa dibuat keren dan nggak berkesan kuno.

Selain sebagai pakaian, kain batik itu adalah kain kebesaran keluarga keraton. Dan kita yang hidup di jaman sekarang termasuk beruntung banget lho, karena dulunya batik nggak boleh dipake sama “rakyat jelata”. Sementara sekarang batik kita pake bukan cuma untuk pakaian resmi, tapi juga sebagai bahan daster, taplak meja, seprai, sendal, dan lain-lain.

Batik Jawa

Batik Jawa, terutama yang berasal dari Yogya dan Solo, dikenal punya nilai-nilai kejawen. Warna batik tradisional seperti indigo, coklat tua, dan putih itu mewakili 3 dewa besar Hindu: Brahma, Wisnu, dan Siwa. Dalam upacara-upacara orang Jawa, kebangsawanan seseorang itu bisa dinilai dari jenis dan motif batik yang dia pake.

Batik Pesisir

Di luar Yogya dan Solo juga ada batik-batik lainnya, tentunya dengan motif yang berbeda. Batik pesisir (Pekalongan, Cirebon, Lasem, Tuban, dan Madura) warnanya lebih berani dan terpengaruh budaya Arab, Cina, dan Belanda. Di jaman Belanda, batik pesisir ini yang paling disukai sama orang-orang keturunan Cina dan Belanda. Kata “batik”, meskipun nggak selalu dari pulau Jawa, berasal dari bahwa Jawa: “amba” (menulis) dan “titik”.

Tapi apakah batik bener-bener asli budaya Indonesia? Nah, ini yang paling sering diperdebatkan. Menurut beberapa penelitian sih sebenernya batik udah ada sejak Abad 4 Sebelum Masehi di Mesir, dan gunanya buat ngebungkus mumi. Sementara di Cina, batik udah ada sejak masa pemerintahan Dinasti Tang pada tahun 618-907. Di India dan Jepang, batik udah ada sejak pemerintahan Nara (tahun 645-794). Sementara di Indonesia sendiri, batik diperkirakan baru ada sekitar Abad 6 atau 7. Banyak yang bilang batik di Indonesia itu karena pengaruh budaya Hindu, tapi ini masih jadi perdebatan sih karena Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua – yang dari dulu juga udah punya batiknya sendiri – kan nggak kenal sama budaya Hindu?

Motif “Gringsing”

Mungkin motif batik tertua di Indonesia adalah motif “gringsing” yang udah ada sejak Abad 12 di Kediri. Jadi nggak bener tuh kalo Malaysia (pernah) bilang bahwa batik itu budaya mereka. Karena di negara tetangga kita itu, batik baru ada di Abad 17. Dan kalo hari ini kita ke Johor, batik setempat itu jelas-jelas motifnya kena pengaruh motif Jawa dan Sumatra. Wajar, karena di daerah itu memang banyak banget imigran dari Jawa dan Sumatra.

Batik Hokokai

Ada satu jenis batik di pulau Jawa yang menarik banget ceritanya. Batik Hokokai, sesuai dengan namanya, adalah batik yang ada pengaruh Jepangnya. Batik jenis ini lahir pada masa penjajahan Jepang, jadi umurnya belum setua batik yang lain. Batik Hokokai ini gambarnya bunga-bunga di taman dan kupu-kupu. Selain itu, ada batik Hokokai yang bergambar bunga sakura atau seruni (bunga lambang pemerintah Jepang). Kain panjang batik Hokokai ini punya 2 pola dalam satu helai kain: pagi dan sore.

Seperti yang disebut tadi, batik itu bukan monopoli orang Jawa. Orang Sunda pun punya batiknya sendiri, dan biasa disebut batik Priangan. Batiknya orang Sunda ini juga di tiap daerah di Jawa Barat motifnya beda-beda. Ada batik Ciamis, Garut, Tasikmalaya, Kuningan, Baduy, dan Banten.

Batik Bali

Sementara orang Bali karena lebih tertarik sama seni patung dan seni lukis, nggak terlalu mengembangkan batiknya. Palingan batik Bali itu adalah batik yang dibuat pake teknik ikat dan celup. Tapi tetep sih punya karakter sendiri yang kuat.

Batik Tanah Liek

Orang Sumatra juga punya batiknya sendiri sesuai wilayahnya. Ada batik Riau, Palembang, Aceh, Minang, dan Jambi. Batik Minang itu disebut juga “batiak tanah liek” atau “batik yang dibuat dengan tanah liat”.

Kamu sendiri paling suka batik motif apa, dan biasanya kamu make batik untuk kemana?

 

 

Kalori Dalam Secangkir Kopi

Ada begitu banyak jenis minuman kopi yang sangat enak yang ada di coffee shop yang bisa kamu pilih tapi malah merusak pola makan. Dan beberapa ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official