Kopi dan Media Sosial

Seperti yang kita tau, ini jamannya media sosial (socmed) di mana kehidupan pribadimu bisa terekspos dengan bebas ke dunia maya. Hampir nggak ada satu orang pun yang nggak punya akun Facebook dan Twitter. Sementara yang punya iPhone dan ponsel berbasis Android juga punya Path dan Instagram.

Mari kita lihat, apakah kita – para pencinta kopi – termasuk dalam jajaran orang-orang yang “gaya socmed-nya” seperti berikut ini?

Facebook

Anak Facebook paling seneng kalo statusnya ada yang nge-like. Ya kan? Kalo ada temen yang update status “Ngantuk dan butuh kopi banget nih.” kita terus langsung ngajak temen itu ngopi bareng, atau nge-like status si temen. Padahal dia lagi ngantuk. Hehe… Dan anak Facebook biasanya juga suka sharing foto rame-rame sama temen kalo abis ngopi di suatu tempat, terus nge-tag semua orang yang ada di foto itu.

Twitter

Salah satu ciri khas Twitter itu #hashtag. Anak Twitter yang fanatik sama kopi pasti masukin hashtag #coffee atau #kopi atau #ngopi, atau #kopipagi kayak Kopling! Hehehe… Bukan cuma itu, pasti ada juga yang udah pernah #kultwit soal #kopi dan #sejarahkopi. Oh, dan ajakan untuk ngopi bareng di Twitter itu juga hal yang umum. Twitter itu “murah”, karena nggak seperti SMS yang harus bayar, ngetwit itu gratis!

YouTube

Coba search di YouTube pake kata “coffee” dan liat berapa banyak video orang-orang ngopi di sana. Banyak sih video tentang kopi yang serius, tapi ada juga video yang “home video” banget, cuma buat “pamer” ke temen-temennya bahwa dia sedang/abis ngopi.

Pinterest

Lagi butuh foto-foto kopi yang bagus dengan cepat? Cari di Pinterest. Mau nyari resep-resep minuman dan makanan yang dibuat dari kopi? Pinterest yang pinter itu punya banyak resep yang bisa kamu coba! Gambar-gambarnya dijamin bikin kamu kepengen semua.

Quora

Hmmm… Ini termasuk socmed yang terlalu serius sih menurut Kopling. Apa-apa dibahas di sini. Tapi kalo kamu kepingin pinter dan kepingin banget bisa dapet jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kamu (termasuk pertanyaan tentang kopi), kamu bisa nanya di Quora.

Foursquare

Ini tempatnya orang-orang ngelapor lagi di mana mereka. Bisa jadi ini kode biar didatengin sama temen-temennya buat ngopi bareng. Dan pada awalnya dulu, banyak banget orang yang bangga banget kalo jadi Mayor di suatu tempat, termasuk tempat ngopi. Serunya juga, kalo di luar negeri suka ada tempat-tempat yang kerja sama dengan Foursquare ini. Jadi, semakin banyak kamu check-in, kemungkinan kamu bisa dapet hadiah juga! kamu masih main foursquare dan masih rebut-rebutan mayorship nggak sih sama temen-temen kamu? Hehe…

Instagram

Foto-foto apa pun bisa mendadak cantik di sini. Foto kopi di gelas, kopi di cangkir, apalagi kalo kopinya pake coffee art udah pasti nggak akan ikhlas diminum sebelum difoto. Instagram sebenernya cara yang paling efektif sih kalo mau bantu promosiin kedai kopi favoritmu, karena orang lebih sering tergoda sama gambar kan dibanding sama kata-kata?

Path

Ini dia tempat untuk ngobrolin kopi atau tempat ngopi yang baru kamu coba sama temen-temen deket kamu. Di sini bisa lebih bebas deh mau ngomongin yang bagus (atau yang kurang bagus), soalnya mereka yang nggak temenan sama kamu nggak bakalan tau apa yang kamu omongin. Hehehe…

By the way, ada seorang web analyst yang bernama Charlene Li yang punya kesimpulan menarik tentang socmed dan kopi. Katanya, socmed itu kayak kopi. Kenapa kopi? Karena nggak 100% orang di dunia ini suka kopi, jadi socmed itu sebenarnya nggak untuk semua orang.

Charlene ada benernya sih. Ada orang yang nggak bisa hidup tanpa kopi, ada yang bisa. Sama juga ada orang yang nggak bisa hidup tanpa twitteran, ada yang bisa.

Nah, kalo kamu sendiri lebih ketagihan kopi atau socmed? Atau dua-duanya?

About author

Buat Ilustrasi Kamu menjadi Lebih Aplikatif!

Sebagai seorang seniman/ilustrator, karya-karya yang kamu buat sebenarnya nggak harus melulu dalam bentuk lukisan orisinil. Ada berbagai macam media yang bisa kamu aplikasikan, seperti dicetak, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official