ACT: Last (but not least) Action

Teman-teman masih ingat dengan acara pameran amal ACT tanggal 4 Agustus kemarin di 1/15 Coffee kan? Nah, dana yang terkumpul dari teman-teman pembeli tiket acara ACT akhirnya sudah Kopling serahkan kepada adik-adik kita yang memerlukan di empat panti asuhan yang sudah dipilih sebelumnya dalam bentuk alat-alat gambar.

Sebenarnya dari kunjungan ini kita juga baru paham loh kalau anak-anak yang berada di panti asuhan itu nggak semuanya yatim piatu. Ada beberapa dari mereka yang masih mempunyai ayah atau ibu, namun karena kondisi keuangan keluarga yang nggak memungkinkan, maka mereka dititipkan di panti asuhan. Meskipun begitu, nggak berarti mereka terlepas sepenuhnya dari keluarga. Sewaktu-waktu mereka diperbolehkan pulang untuk menemui keluarganya.

Jadi, tanggal 14, 21, dan 28 September kemarin Kopling telah mengunjungi empat panti asuhan. Yang pertama adalah Panti Asuhan Anak Fakir dan Yatim bernama Rumah Tahfizh Quran di Cinere. Jumlah anak asuh di Rumah Tahfizh Quran ada 21 anak dengan kisaran umur 6-12 tahun. Sayangnya Kopling nggak mengadakan acara nggambar bareng di sana karena keterbatasan luas tempat. Sewaktu Kopling mampir tanggal 14 September, kebetulan anak-anaknya sedang ada kegiatan luar begitu juga dengan para guru yang juga pengasuhnya, jadi hanya ketemu dengan salah satu pengurusnya saja.

Kunjungan kedua Kopling diadakan tanggal 21 September ke Panti Asuhan Desa Putera yang berlokasi di Srengseng Sawah. Kalau ada yang pernah mendengar Pondok Si Boncel, nah Panti Asuhan Desa Putera ini masih bernaung di bawah yayasan yang sama. Panti Asuhan Desa Putera terdiri dari 91 anak dengan usia 6-15 tahun. Di sini Kopling nggambar bareng dengan 81 anak dari kisaran SD dan SMP yang semuanya anak laki-laki! Kebayang ya ramenya kayak apa anak laki semua. Hehehe… Makanya pembina di sana cukup galak dan tegas, supaya mereka nggak berani berbuat aneh-aneh kali yah. Tapi untungnya acara berjalan lancar, mulai dari pembagian snack dan alat gambar sampai acara nggambar bareng. Sewaktu kita meminta mereka untuk menggambar bebas, awalnya mereka bingung dan kebanyakan menggambar pemandangan gunung, matahari, dan sawah seperti yang sering diajarkan waktu kita kecil. Tapi lama-lama sebagian dari mereka yang mulai improvisasi berkat bantuan dari para perupa Kopling yang ikutan nggambar bareng.

Masih di tanggal yang sama, Kopling juga berkunjung ke Panti Asuhan Tanjung Barat yang berlokasi di Tanjung Barat (sesuai namanya). Jumlah anak asuhnya ada 37 orang dengan kisaran SD-SMA. Di panti asuhan ini acara berlangsung dengan lebih damai, entah karena mereka sudah kenyang sehabis makan siang (karena kita tiba setelah jam makan siang), atau karena mayoritas dari mereka adalah anak perempuan.

Terakhir, Kopling mengunjungi Panti Asuhan Al-Wutsqo di daerah Depok tanggal 30 September kemarin. Bisa dibilang di sini adalah panti asuhan dengan jumlah anak-anak terbanyak, yaitu 130 anak! Porsinya pun hampir seimbang antara anak laki-laki dan perempuan dengan kisaran umur 5-18 tahun. Rencananya Kopling tiba di tempat sebelum jam makan siang, tapi karena agak nyasar beberapa lama, akhirnya kita tiba saat jam makan siang. Jadi, kita sempat makan siang bareng dulu baru acara dimulai. Untungnya, meskipun jumlah anaknya sangat banyak acara berlangsung lancar dan sepertinya nggak semua anak mengikuti acara nggambar bareng karena ada sebagian dari mereka yang sedang pulang ke rumahnya atau pergi ke luar. Walaupun siang itu panasnya luar biasa, tapi anak-anak tetap menggambar dengan semangat!

Di bawah ini ada alamat lengkap keempat panti asuhan di atas. Siapa tau kamu mau berkunjung dan seseruan bareng adik-adik di sana.

Panti Asuhan Anak Fakir dan Yatim – Rumah Tahfizh Quran – Cinere
Jl. PLN Raya, no. 118, Kompleks PLN Gardu Lama, Gandul Cinere – Depok
Telp: 08131088100 (Bpk. Andi Irman)

Panti Asuhan Desa Putera
Jl. Kramat Raya No. 134 Jakarta 10430 (sekretariat), Jl. Desa Putera No.5 (Pondok Si Boncel) dan No.24 (Panti Asuhan Desa Putera), Srengsengsawah, Jakarta Selatan 12640
Telp: 082112447448
Website: Panti Asuhan Desa Putera

Panti Asuhan “Tanjung Barat”
Jl. Nangka No.3 RT.005 RW.05 Jagakarsa – Tanjung Barat, Jakarta Selatan
Telp: 081314661659 (Ibu Henny)

Panti Asuhan Al-Wutsqo, Di bawah pengasuhan Yayasan Cerdas Sejahtera
Jl. Mawar Ujung No. 47, Tanah Baru Beji Kota Depok – 16426, Telp. 021-7752437
Telp: 08081318524715 (Ustadz Adnan)

Foto-foto dokumentasi kunjungan ACT yang lebih lengkap bisa kamu lihat di fb page Kopling di sini.

About author

Dua Tahun Lalu Hari Ini

Rasa-rasanya baru kemarin Kopling ngadain Swap Party bersama teman-teman untuk ngerayain ulang tahun yang pertama. Eeh, enggak kerasa 1 tahun telah berlalu. Waktu memang berjalan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official