Alasan Mengapa Kopi dan Kreativitas itu Erat Hubungannya

Ada banyak orang mengatakan kalau orang-orang kreatif itu erat hubungannya dengan kopi. Kebanyakan dari mereka selalu menghabiskan waktu dengan menyesap secangkir kopi, terutama di saat bekerja dan di saat deadline datang. Sebenarnya nih, kopi itu nggak cuma dekat di hati orang-orang kreatif sebagai minuman yang menemani di saat kerja. Soalnya, kopi itu sendiri ternyata bisa mengajarkan kita semua tentang arti kreativitas itu sendiri.

Yap, perlu segudang kreativitas untuk bisa meracik secangkir kopi hangat yang lezat. There’s more to coffee than a jolt of caffeine! Kok bisa? Alasan dari Lavazza Company berikut ini sangat masuk akal.

Tidak ada bahasa atau ukuran yang tepat dari sebuah rasa kopi

“Fruity” mungkin terasa lezat di lidah satu orang, tapi tidak enak di lidah yang lain, dan berbeda lagi untuk orang ketiga. Jadi di sini proses kreativitas kita diolah, di mana kita harus mampu membuat racikan yang disukai oleh banyak pihak tapi tetap sesuai dengan kualitas dan standar yang kita inginkan.

Kopi (seperti kreativitas) adalah produk organik

Seperti layaknya manusia, setiap bentuk biji kopi pasti berbeda-beda, ada yang memiliki cacat dan ada yang bentuknya baik, tapi kamu nggak akan bisa mendapatkan biji kopi yang 100% sempurna. Kualitas dan jenis biji kopi dipengaruhi oleh cuaca dan berbagai faktor lainnya. Sama seperti kita yang bekerja di dunia kreatif, hasil akhir setiap pekerjaan pada akhirnya ditentukan oleh kinerja individu masing-masing. Intinya, terimalah segala kekurangan dan upayakan untuk menciptakan racikan kopi terbaik!

Periksa asal biji kopi tersebut

Kalau biji kopi yang kamu dapatkan berasal dari sumber yang terpercaya, secara otomatis kamu dapat lebih yakin kalau biji kopi tersebut akan berkualitas baik, terlepas dari faktor-faktor luar yang dapat memengaruhi kualitas biji kopi itu sendiri. Ini yang terjadi juga kalau kita atau sebuah perusahaan sedang mencari karyawan, bukan? Rekomendasi dari teman terpercaya pasti akan lebih mudah kita percaya.

Kualitas kopi

Meskipun kita nggak bisa mengetahui kualitas absolut biji kopi di laboratorium, tapi kita bisa memeriksa kandungan racun di dalamnya. Sama seperti kreativitas juga, sebenarnya. Nggak ada hasil pasti dari sebuah pekerjaan, tapi dengan riset yang menyeluruh kita bisa menemukan permasalahan yang dapat mengacaukan hasil.

Proses pembuatan kopi

Pada akhirnya, kunci dari kualitas yang ada di dalam secangkir kopi adalah cara pembuatannya. Tahukah kamu? 75% rasa akhir dari secangkir kopi itu bergantung pada alat kopi dan keahlian si barista. Jadi, mau sebagus apapun biji kopi yang tersedia, kalau alat kopinya nggak memadai dan baristanya sama sekali nggak berpengalaman ya tetap saja rasa kopinya akan kurang. Nah, makanya skill itu penting banget. Kalau orangnya jago, dia pasti bisa mencari cara untuk membuat rasa kopinya menjadi acceptable, dan bahkan mungkin jadi enak!

 

Nah, kalau minuman favorit kamu aja bisa sekreatif itu, kamu sendiri juga harus bisa super kreatif dong ya!

About author

Seni Cahaya & Bayangan

Sebenarnya karya seni yang menggunakan teknik bayangan tergolong sudah umum, cuma di tangan seorang Kumi Yamashita, teknik bayangan ini dibawa ke level yang jauh lebih ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official