5 Manual Brewing Pilihan untuk Kamu Coba!

Kepopuleran manual brewing saat ini mungkin sudah setara atau bahkan mengalahkan kepopuleran mesin pembuat kopi. Para ahli dan barista menyarankan para pencinta kopi untuk menggunakan manual brewing saat membuat kopi. Hal ini berhubungan dengan takaran yang kamu bisa kira-kira sendiri dan ekstrak yang diberikan pada manual brewing lebih terasa dibanding yang menggunakan mesin.

Ada beragam pilihan manual brewing yang bisa kamu gunakan untuk membuat kopi lebih nikmat dibandingkan mesin. Kopling berikan 5 coffee maker yang direferensikan untuk kamu dalam membuat kopi.

Sterlingpro French Press

Salah satu alternatif yang paling sederhana untuk pengganti mesin adalah french press. Dengan menggunakan french press, kopi umumnya terasa lebih baik karena biji kopi benar-benar terekstrak dalam air panas, memberikan air lebih banyak waktu untuk mengekstrak rasa dari biji. French press juga mudah dioperasikan: hanya merebus air, menggiling biji kopi, aduk dan tunggu. Tapi, french press seperti apa yang direkomendasikan untuk digunakan?

french press source: cheatsheet.com

french press
source: cheatsheet.com

Salah satu french press yang sedang booming, nih, namanya Sterling French Press. Yang membedakan dengan french press lain ialah filter yang lebih tebal yang akan membuat ampas kopi tidak terangkat, sehingga kamu bisa minum kopi tanpa ampas.

Aeropress Coffee and Espresso Maker

aeropress source: cheatsheet.com

aeropress
source: cheatsheet.com

Aeropress bisa dibilang prototype dari frenchpress, bedanya aeropress mampu menghasilkan tekanan yang lebih tinggi, filter pada aeropress memastikan tidak akan ada ampas kopi yang terbawa dalam kopimu. Harganya lebih tinggi dibanding french press, tapi rasa yang dihasilkan sangat enak karena sama sekali tidak meninggalkan ampas kopi.

Bialetti Moka Express Stovetop Espresso Maker

Bialetti Moka Express source: cheatsheet.com

Bialetti Moka Express
source: cheatsheet.com

Moka pot sebenarnya jarang digunakan untuk menyeduh kopi di rumah, harganya yang lumayan mahal membuat orang-orang tidak menjadikannya sebagai pilihan. Bialetti Moka Express Stovetop Espresso Maker adalah salah satu pembuat espresso sederhana dengan bentuk yang sederhana pula. Moka pot ini buatan Italia, dari perusahaan yang telah berkecimpung di dunia perkopian selama kurang lebih 80 tahun.

Bee House Ceramic Coffee Dipper

Bee House Ceramic source: cheatsheet.com

Bee House Ceramic
source: cheatsheet.com

Bee House ceramic dripper ini seperti cangkir pada alat kopi pour over. Hanya bentuknya yang sedikit unik memiliki ujung corong yang memudahkan kopi dituang. Cara penggunaannya pun sama dengan pour over, lapisi bagian dalam dengan filter dan bubuk kopi, lalu tuangkan dengan air panas. Hanya membutuhkan beberapa menit, kopi nikmat sederhana dapat kamu nikmati.

PEBO Vacuum Coffee Maker

Kamu mungkin merasa seperti sudah kembali di kelas sains saat menggunakan PEBO Vacuum Coffee Maker. Terlihat rumit, tetapi sebenarnya sangat sederhana untuk membuat secangkir kopi nikmat. Cukup mengisi teko bawah dengan air, tambahkan bubuk kopi ke atas, dan mengamankan filter di bagian tengah. Kemudian letakkan alat ini di kompor panas dan saksikan keajaiban dimulai.

Vacuum Coffee Maker source: cheatsheet.com

Vacuum Coffee Maker
source: cheatsheet.com

Panas dari kompor menciptakan uap yang mendorong air ke ruang atas di mana ini akan bercampur dengan bubuk kopi. Setelah semua air membuatnya ke atas, lepaskan perangkat dari panas, dan tekanan vakum memaksa kopi selesai melalui saringan dan kembali ke ruang bawah. Voila! Kopi nikmatmu tersedia.

Jadi, kamu mau pilih yang mana?

 

Salam sruputh!

About author

Art Market Jakarta 7: Rivenhill

Menuju Art Market Jakarta 7 yang akan diadakan tanggal 28-30 April 2017 di Kuningan City, yuk kita kenalan dengan para peserta yang ikutan! Salah satu ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official