Art

Storyboard Keren Dari Sepuluh Film Populer

0

Dalam pembuatan film, storyboard memerankan peranan penting. Tidak hanya ia membantu para pembuatnya untuk memvisualkan naskah yang hendak diterjemahkan dalam bentuk film, namun ia juga bisa menjadi alat untuk meyakinkan pemberi modal untuk terlibat dalam sebuah produksi film. Oleh karenanya storyboard musti dikerjakan dengan telaten dan memerhatikan aspek seni yang cukup kuat, meski mungkin secara umum kita hanya mengenal storyboard sebagai coret moret sederhana saja.

Pada awalnya memang storyboard dianggap sebagai pelengkap saja, namun Alfred Hitchcock kemudian hadir sebagai sutradara studio besar yang sangat mengandalkan storyboard dalam produksi film-filmnya. Dengan storyboard, Hitchcock tidak hanya memberi gambaran adegan per-adegan namun juga sudah meproyeksikan setting, pergerakan kamera, dan seterusnya.

Tentunya Hitchcock bukan sutradara pertama yang memberi penekanan pada pentingnya storyboard, tapi berkat konsistensi dan antusiasmenya kemudian diikuti oleh banyak sutradara lain, terutama mereka dengan concern pada pergerakan kamera. Scorsese, Spielberg, hingga Coen Bersaudara atau Nolan bisa dikatakan merupakan pengikut Hitchcock dalam pemanfaatan storyboard.

Dan kini storyboard pun menjadi elemen penting dalam pembuatan sebuah film. Ia tidak lagi dikerjakan dengan sembarangan, karena storyboard memerlukan seniman yang bisa menerjemahkan naskah ataupun visi sang sutradara dalam bentuk visual, sehingga dikerjakan dengan maksimal. Tidak heran jika banyak storyboard pun diapresiasi sebagai salah satu karya seni yang tak kalah sedap dipandang dan dinikmati dari filmnya.

Untuk itu, mari kita lihat 10 storyboard keren yang diambil dari berbagai film populer:

1. Gone With The Wind (1939)

Gone With The Wind

Sutradara: Victor Fleming
Storyboard Artist: William Cameron Menzies

2. Spartacus (1960)

spartacus

Sutradara: Stanley Kubrick
Storyboard Artist: Saul Bass

3. Psycho (1960)

psycho-1960

Sutradara: Alfred Hitchcock
Storyboard Artist: Saul Bass

4. The Sound of Music (1965)

sound-of-music

Sutradara: Robert Wise
Storyboard Artist: Maurice Zuberano

5. Taxi Driver (1976)

taxi-driver

Sutradara: Martin Scorsese
Storyboard Artist: Martin Scorsese

6. The Thing (1982)

The Thing

Sutradara: John Carpenter
Storyboard Artist: Michael Ploog

7. Blade Runner (1982)

blade_runner

Sutradara: Ridley Scott
Storyboard Artist: Tom Cranham

8. Jurassic Park (1993)

jurrasic park

Sutradara: Steven Spielberg
Storyboard Artist: David Lowery

9. Spider-Man 2 (2004)

spiderman2

Sutradara: Sam Raimi
Storyboard Artist: Chris Buchinsky

10. Inception (2010)

Sutradara: Christopher Nolan
Storyboard Artist: Gabriel Hardman

inception

Siapa storyboard artist favorit kamu? Atau ada dari kamu/teman kamu yang berprofesi sebagai storyboard artist? Share ceritanya ke Kopling dong yuk!

 

Sumber gambar: flavorwire

About author

No comments

ACT Artworks pt.1

Seperti yang mungkin sudah teman-teman ketahui semua, beberapa waktu lalu Kopi Keliling mengadakan sebuah kegiatan bernama ACT. Untuk lebih jelasnya, buat yang belum tau bisa ...