Art

Kelola Reputasimu Sebagai Ilustrator

0

Sebagai seorang ilustrator, ada masanya kita menerima pekerjaan komisi dari advertising agency ataupun langsung dari sebuah brand yang menyukai gaya ilustrasi kita. Nggak seperti saat mengerjakan personal project di mana kita bisa bebas berkreasi dengan imajinasi liar, akan ada banyak kendala yang harus dihadapi ketika kita baru saja menerima komisi ilustrasi. Hal-hal seperti menangani klien dengan karakter sulit, distraksi saat bekerja di rumah, sampai memahami tren ilustrasi terbaru pasti akan kita temukan saat perjalanan.

Bagaimana caranya supaya nama kita sebagai ilustrator tetap bisa menjadi pegangan di dunia ilustrasi? Simak beberapa tips dari Mayumi Haryoto berikut ini.

Stay Flexible

Kumpulkan segala informasi yang dibutuhkan ketika kamu membaca brief project. Bikin sketsa ide awal sampai kamu menemukan ide yang paling nyaman. Terkadang brief bisa berubah di tengah jalan, dan ini adalah hal biasa. Pahami bahwa dalam mengerjakan ilustrasi iklan, ada banyak pihak yang terlibat. Jangan mudah tersinggung dengan banyaknya revisi. Anggap revisi sebagai upayamu  berkolaborasi dengan klien dan agency. Namun kemampuan bernegosiasi dengan klien atas kebebasan kreasimu juga menjadi skill yang penting.

Stay on Top of Your Deadline

Bekerja di rumah nggak semudah yang dibayangkan lho. Ada banyak banget distraksi yang membuat kamu menunda-nunda pekerjaan. Karena itu, kamu harus membuat rutinitas agar tetap disiplin. Jangan juga mengambil pekerjaan melebihi yang kamu mampu. Terkadang kita tergoda untuk berkata “ya” ke setiap pekerjaan yang datang. Manajemen waktu sangatlah penting.

Peka terhadap Inspirasi

Kebanyakan ilustrator baru terlalu bergantung ada internet untuk mencari inspirasi. Padahal, inspirasi justru banyak diperoleh dari sekitar kita. Cobalah untuk membaca banyak buku atau mencari inspirasi dari mana pun bahkan mellaui bidang yang nggak berhubungan dengan ilustrasi. Banyaknya pengetahuan akan memberi kamu kemudahan dalam memahami project brief yang rumit. Hal tersebut juga akan membuat kamu bisa berbicara banyak hal melalui karyamu.

 

Mayumi akan menjadi salah satu pembicara di seminar NgabubuART yang diadakan oleh Catalyst Arts pada hari Kamis tanggal 23 Juni dari jam 3 – 6 sore. Ia akan sharing pengalamannya berkomunikasi dengan banyak advertising agency dan brand serta bagaimana cara-caranya menghasilkan ilustrasi terbaik untuk pihak ketiga. Silakan kunjungi tautan ini untuk informasi lengkap, atau email ke contact@kopikeliling.com.

NgabubuART2016-1024x1024

About author

No comments

Apakah Kamu Cocok Bekerja di Coffee Shop?

Dengan jumlah pegawai yang setiap pagi membanjiri jalanan menuju tempat kantornya, lalu sampai kantor mesti dihadapkan dengan urusan perusahaan juga kubikel yang membuat kaku sewaktu ...