Bubuk Kopi Dibuang Jangan

0

Ternyata, masih banyak manfaat bubuk kopi yang belum kita ketahui, selain yang pernah Kopling share beberapa saat yang lalu. Untuk makanan dan kecantikan, gunakan bubuk kopi yang masih segar, tapi untuk manfaat lainnya, gunakan bubuk kopi yang sudah nggak fresh.

Sebagai bahan makanan dan minuman

kori.coffee.2.2.1

Es batu dari kopi (sumber gambar: honestlyyum.com)

Untuk es kopi, gunakan es batu yang terbuat dari kopi. Ketika esnya mencair, rasa kopinya nggak akan jadi tawar. Atau kamu juga bisa memasukkan es batu yang terbuat dari kopi ini ke dalam susu kamu. Yum!

Sebagai variasi makanan pagi, kamu boleh mengganti susu dengan kopi sebagai bahan campuran dalam sereal kamu. Kalau mau lebih nikmat, tambahkan bubuk kayu manis dan buah-buahan kering.

Untuk kamu yang suka membuat kue, kamu bisa mengganti susu dengan kopi dalam pembuatan brownies. Hasilnya adalah brownies mocha yang lezat!

Sebagai bahan pewarna

Kalau kamu punya pakaian putih yang terkena noda atau luntur dan nggak bisa dibersihkan lagi, kamu bisa mencelupnya dalam rendaman air kopi. Hasilnya adalah pakaian yang sama dengan warna baru yang tetap terlihat keren…

Untuk membuat prakarya, kamu bisa mencekupkan kertasmu dengan kopi sebelum digunakan, lalu dijemur. Hasilnya adalah kertas yang bergaya vintage!

Untuk kecantikan

coffee-powder-1

Bubuk kopi bermanfaat untuk rambut dan kulit (sumber gambar: beautytips4her.com)

Rambutmu kasar dan kusam? Campurkan segenggam bubuk kopi dengan shampoo, lalu oleskan ke seluruh rambutmu. Selain menjadi lebih lembut dan bersinar, rambutmu juga akan seharum kopi.

Sebagai bahan untuk lulur mandi, kopi juga sangat baik. Campurkan dengan minyak kelapa murni dan gosokkan ke tubuhmu sebelum mandi. Lapisan kulit yang mati akan terangkat, dan kulitmu pun menjadi lebih bersinar. Kalau kamu lebih suka lulur dengan butiran yang kasar, kamu bisa mencampurkan gula ke dalam lulur buatanmu sendiri ini.

Beberapa orang yang suka membuat sabun mandinya sendiri juga membuat sabun dari kopi, karena kopi juga dapat menutupi bau badan yang nggak sedap.

Selain itu

Free-shipping-coffee-font-b-cushion-b-font-pillows-2pieces-lot-font-b-floor-b-font

Bubuk kopi bisa menggantikan busa atau kapas pengisi bantal (sumber gambar: aliimg.com)

Bubuk kopi yang kering juga bisa digunakan untuk menggantikan busa atau kapas menjadi pengisi bantal. Bayangkan betapa menyenangkannya aroma di ruang tamu kamu. Kalau aromannya masih kurang, buatlah lilin yang terbuat dari kopi.

Kopi yang dicampur dengan cuka dapat membuat warna kayu menjadi lebih indah dan terlihat seperti kayu antik. Selain murah, bahan pewarna ini juga sangat alamiah dan aman.

Jangan khawatir kalau ada noda membandel yang menempel di atas piringmu. Tambahkan sedikit bubuk kopi saat menggosok piring yang ternoda itu, dan noda pun akan hilang.

Untuk tips lainnya, kamu bisa membacanya di sini, dan untuk merawat tanaman kamu dengan kopi,  kamu bisa membacanya di sini.

Selamat mencoba dan salam sruput!

No comments