Jangan Minum Kopi Pagi-Pagi!

large

Berbeda dengan pendapat Departemen Kesehatannya orang Inggris yang bilang bahwa waktu terbaik untuk minum kopi itu jam 14:16, ternyata menurut Steven Miller, seorang ahli syaraf dariUniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda, Maryland , waktu terbaik untuk minum kopi itu katanya antara jam 09:30 dan jam 11:30 pagi. Alasannya, karena kafein itu berhubungan dengan sebuah jenis hormon yang ada di tubuh kita yang bernama kortisol. Hormon ini yang membuat badan kita merasa segar, bugar, meskipun tanpa kopi sekalipun.

Kortisol ini berproduksi antara jam 08:00 – 09:00 pagi, lalu tengah hari dan jam 13:00, jam 17:30, dan jam 18:30. Jadi kopi itu paling efektif diminum pada jam 09:30 dan jam 11:30 pagi saat tingkat kortisol dalam tubuh kita sedang rendah, dan minum kopi di pagi hari sebelum jam itu sebenarnya kurang efektif. Analoginya adalah seperti kita merasa perlu pake kacamata hitam di malam hari, padahal harusnya dipake di siang hari. Matahari kan teriknya di waktu siang, dan bukan di waktu malam?

Lalu apa akibatnya kalo kita minum kopi saat tingkat hormon kortisol kita lagi tinggi-tingginya? Akibatnya, menurut Miller, efek kafein itu jadi nggak berguna lagi, dan pada jam ngantuk kita akan minum lebih banyak kopi lagi. Kafein itu kan semacam drug juga, jadinya kita semakin kecanduan kopi dan akhirnya jadi overdosis.

Kortisol ini diproduksi pada saat tingkat stress kita sangat tinggi, lalu fungsinya adalah mengubah energi menjadi gula dalam darah kita yang lalu digunakan oleh sel-sel dalam tubuh kita. Kortisol juga berfungsi untuk menyelaraskan irama internal dalam tubuh kita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat kortisol ini akan meningkat pesat saat kita bangun tidur dan terus naik satu jam setelahnya.

Beberapa ilmuwan juga menemukan bahwa minum kopi di sore hari malah akan membuat kita susah berkonsentrasi, apalagi kalau kita minumnya setelah makan siang.

Penelitian ini bisa dipercaya sih, karena menurut riset, para ilmuwan adalah peminum kopi terberat dibanding orang-orang yang punya profesi lain, setelah itu, orang yang butuh kopi paling besar adalah orang yang bekerja di bidang pemasaran dan PR. Sementara editor dan penulis menduduki tempat keempat sebagai peminum kopi terbanyak, dan di tempat kelima, diduduki oleh orang-orang yang bekerja di bidang pendidikan dan kesehatan. Tapi kalo menurut Kopling sih masih ada beberapa profesi lain yang butuh kopi banget.

Gimana menurut kamu? Kalo kamu orang yang terbiasa bangun pagi mungkin memang agak susah ya kalo harus nunggu jam 09:30 pagi buat minum kopi. Hehe…

Sumber gambar:  weheartit.com

Curbside Haiku

Haru ya koshi Toshi ya yukiken Kotsugumori Itu adalah sebuah haiku dari Matsuo Munefusa atau yang lebih dikenal dengan nama Matsuo Basho, seorang penyair haiku legendaris di Jepang. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official