Kota-Kota Seni Dunia pt.2

Masih inget cerita Kopling soal kota-kota seni di dunia yang keren-keren banget? Sekarang kita bahas 3 kota seni lainnya yuk!

Venezia

Biennale di Venezia

Kopling pernah ngebahas tentang Biennale sebelumnya. Baca deh di sini. Ajang ini adalah kesempatan untuk para seniman untuk mempertontonkan karyanya pada khalayak dunia. Indonesia pun termasuk. Nggak mudah lho ngikutin karya kita untuk masuk ke sini.

Biennale yang pertama dulu mempertontonkan instalasi dari seorang seniman asal Baham, Tavares Strachan. Vincent J.F Huang juga termasuk salah satu seniman yang beruntung karena bisa ikutan Biennale yang pertama. Karyanya tentang penguin-penguin yang bunuh diri. Amerika ketika itu diwakili Sarah Sze dengan instalasinya yang berjudul “Triple Point”, sementara Cina diwakili Ai Weiwei.

Tapi sebenernya, tanpa ajang ini pun Venezia tetap kota yang layak dikunjungi karena nilai seninya yang tinggi. Salah satu museum yang bisa kamu kunjungi di Venezia adalah Fondazione Musei Civici Venezia.

Basel, Swiss

Art Basel di Swiss

Di kita ini juga ada acara seni serupa yang namanya “Art Basel”. Tiga pemilik galeri seni di Basel bekerja sama dan mengundang para pemilik galeri lainnya untuk memamerkan karya-karya yang ada di galeri mereka. Di Art Basel ini yang dipamerkan adalah seni modern dan kontemporer – hanya seni yang dibuat di Abad 20 dan 21. Karya-karya Cindy Sherman, Phyllida Barlow, Edward Ruscha, dan Takashi Murakami banyak ditemui di sini.

Art Basel tahun lalu rame banget. Ada 300 galeri dari 36 negara, dan 65.000 orang kurator ikutan di acara ini. Ajang seakbar ini tentunya layak membuat Basel dianggap sebagai ibu kota seni di Swiss. Wajar sih, karena kota ini juga sarat dengan museum. Ada 40 museum di sini, sementara jumlah penduduknya cuma 165.000 orang. Bandingkan dengan Jakarta. Hehehe…

Art Basel tahun ini diadakan tanggal 13-16 Juni 2013. Udah lewat yah, coba tahun depan jangan sampe kelewatan.

Pantai Miami, Florida

Art Basel Miami Beach

Di sini juga ada Art Basel, tapi namanya jadi Art Basel Miami Beach. Pusatnya tetap di Swiss.

Art Basel yang di Florida ini diadainnya di Miami Beach Convention Center dan mengetengahkan 200 perserta pameran, 4.000 seniman, dan 700 galeri. Wah!

Terus apa dong bedanya sama Art Basel yang dari Swiss? Art Basel yang di Miami ini memprioritaskan para seniman dan galeri dari Amerika Serikat dan Latin Amerika. Lebih segmented. Ada seksi Art Nova dan Art Positions untuk para seniman muda, sementara Art Public bekerja sama dengan Bass Museum of Art dan memamerkan seni instalasinya di Collins Park.

Beberapa museum seni yang ada di Miami sini antara lain adalah Rubell Family Collection yang isinya karya-karya yang dibuat di Abad 20. Marhulies Collection at the Warehouse isinya karya Olafur Eliasson, Sol LeWitt, Willem de Kooning, dan Richard Serra. Sementara  de la Cruz Collection Contemporary Art Space yang baru dibuka tahun 2009 memamerkan karya pribadi pemiliknya: Carlos dan Rosa de la Cruz.

Art Basel Miami Beach tahun ini akan diadakan tanggal 5-8 Desember. Dan sebagai tambahan, di Hong Kong pun mulai tahun ini juga ada Art Basel Hong Kong.

[OPEN SUBMISSION] ACEMART 2016

Ace House Collective mengundang kawan-kawan konsumtif untuk berpartisipasi dalam projek ACEMART 2016. ACEMART: GROSIR SENI adalah pembacaan ulang atas peran seniman, karya, publik, dan pasar. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official