Bolehkah Minum Kopi Saat Ramadan?

Tuesday, 9 July 2013

By Editorial Kopi Keliling

Ngopi Saat Ramadan

Hari Senin kemarin Pemerintah telah menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadan jatuh pada hari ini, Rabu – 10 Juli 2013. Sebelumnya, Kopling ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada kita semua yang menjalankannya. Semoga puasa tahun ini membawa berkah bagi diri kita sendiri, keluarga, juga orang-orang yang di sekitar. AMIN.

Banyak hotel dan restoran di kebanyakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam membuat kebijakan dengan mengurangi jam kerja di siang hari dan hanya beroperasi pada malam hari – biasanya setelah waktu berbuka puasa. Di Indonesia sendiri kebijakan semacam ini sepertinya berlaku di beberapa tempat ya?

Uniknya, sejak jaman dulu kebiasaan untuk mengunjungi kedai kopi selama bulan puasa di negara-negara Timur Tengah masih juga belum berubah, dan sudah jadi semacam tradisi. Biasanya setelah shalat Tarawih, mereka bertemu dengan teman-teman lama mereka di kedai kopi. Jadi kalo orang-orang Indonesia janjiannya saat berbuka puasa, orang-orang di Timur Tengah justru melakukannya setelah shalat Tarawih. Mereka biasanya berada di sana tidak lebih dari 2 jam, tapi mereka hampir setiap malam datang dan melakukan tradisi ini selama sebulan penuh.

Jadi sebenarnya boleh nggak sih minum kopi selama bulan puasa, mengingat banyak banget yang bilang bahwa selama bulan puasa sebaiknya kita hanya minum air putih dan jus aja?

Sebenernya boleh aja sih, apalagi kebanyakan orang kan memang nggak bisa hidup tanpa kopi. Tapi, tetap harus diingat syarat-syaratnya:

Saat buka puasa:

Jangan buka puasa dengan secangkir kopi, karena kafein bisa menyebabkan sakit maag pada perut yang kosong. Makan dulu 2-3 butir kurma, baru 2 jam setelahnya kamu boleh minum kopi. Justru, secangkir kopi yang diminum 2 jam setelah waktu berbuka akan membantu kamu tetap terjaga karena biasanya setelah makan dan perut kenyang, kita jadi ngantuk kan?

Malam hari:

Kalo kamu masih kepingin minum kopi lagi setelah makan malam boleh-boleh aja. TAPI kamu yang susah tidur sih sebaiknya pikir-pikir lagi, daripada nanti keterusan terjaga sampai tengah malam dan malah nggak bisa bangun pas sahur? Hehehe… Yah kalo mau coba minum kopi dekafeinasi juga boleh, katanya sih kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya tetep sama.

Saat sahur:

Bangun tidurlah sebelum adzan subuh, supaya kamu masih sempat ngopi setelah menyantap makan saat sahur. Justru kalo kamu minum kopi sebelum imsak, kamu malah akan lebih segar seharian di tempat kerja dan nggak ngantuk.

Jadi intinya, minum kopi di saat bulan puasa itu boleh-boleh aja, asal menuruti peraturan dan tetap menjaga kesehatan.

 

Salam srupuuuth!

  • Bensap

    Kebetulan saya pemakai kopi dan informasi ini sangat berguna bagi saya, sebelumnya saya sempat takut kalau saja berpengaruh pada lambung saya, tapi selama 2 hari ini sih masih berjalan baik-baik saja, mungkin subuh ini saya mau coba menikmati secangkir kopi sebelum imsyak, thanks kang Raymond artikelnya.