Urban Toy Stage: Tempat Designer Toys Unjuk Gigi!

0

Kalau lo termasuk salah satu toy slave yang sudah lumayan lama malang melintang di ranah dolanan yang berasa kagak ada ujungnya ini, pasti sering banget denger temen seperjuangan di ranah ini sering ngomong:

“Ati-ati, sekali nyemplung ke ranah dolanan, pastinya dompet bakalan gampang banget bocor!”.

Kata-kata itu menurut gue ada benarnya, gimana enggak? Dolanan ini jenisnya nggak terbatas cuma satu atau dua macam aje, ada banyak banget dolanan keren banget yang hadir dalam berbagai tipe.

Brand atau jenis mainan yang mungkin lo sering temuin dan nguras dompet pastinya adalah Bandai dengan S.H.Figuarts, Hasbro dengan dolanan Transformers, Star Wars, dan Marvel, Lego, Hot Toys dan masih banyak lagi. Tapi ada satu lagi nih yang nggak kalah keren dan mungkin lo jarang denger yaitu Designer Toy atau Art Toys. Kalau masih bingung, dolanan jenis ini adalah dolanan yang didesain oleh para illustrator atau designer. Designer Toy atau Art Toys ini biasanya rilis dalam format vinyl, plush, dan resin.

Jujur, gue sebagai seorang toy slave penasaran banget sama dolanan jenis ini, mungkin yang biasa kita temuin adalah Bearbrick persembahan Medicom dan dolanan-dolanan klasiknya Super7 yang lagi kenceng banget rilisnya beberapa bulan terakhir. Nah, rasa penasaran gue dan tim ikidolanan ini akhirnya dijawab oleh event Urban Toy Stage persembahan Catalyst Arts & Kopi Keliling yang digelar di Kuningan City hari Sabtu & Minggu lalu tanggal 4-5 Maret.

Yang spesial dari event Urban Toy Stage ini adalah, akhirnya mata gue dibuka lebar, karena ternyata udah banyak banget designer toy lokal yang kualitasnya nggak kalah sama yang ada di luar negeri. Beberapa dari designer toy lokal yang unjuk gigi di Art Toy Exhibition-nya Urban Toy Stage bahkan udah banyak banget yang pamerin karya original mereka, mantep banget, guys!

Kalau lo sempet mampir ke Urban Toy Stage, lo juga bisa ngikutin workshop seru yang salah satunya adalah workshop untuk ngajarin kita ngedesain dolanan kita sendiri. Nah, ini dia nihhhhh, siapa tau kan kedepannya ikidolanan bisa bikin dolanan dari seluruh tim dan bisa laku kayak kacang goreng.

Overall, event ranah mainan dari Catalyst Arts & Kopi Keliling ini patut diacungi jempol. Karena nggak hanya menambah variasi toy exhibition & bazzar yang ada di tanah air, tapi juga bisa nunjukkin kalau designer toy dari dalam negeri pun sama membahananya dengan yang ada di luar. Keep up the good work, guys! Cheers!

 

Artikel diambil dari: ikidolanan.com

About author

No comments

Pameran Silakan Ambil

Masih dalam rangka Kemang Art & Coffee Festival 2014, teman-teman dari SUMMON Studio akhirnya telah mengumumkan siapa-siapa aja seniman/ilustrator yang berhasil melewati seleksi open call yang diadakan ...