Kopi di Masa Depan

0

Kopi sekarang sudah menjadi barang yang dapat dinikmati semua orang. Berbagai varian ditawarkan dari biji kopi, arabika maupun robusta. seolah, generasi kita adalah generasi penikmat kopi yang mewah. tapi, pernahkah kamu bayangkan seperti apa masa depan kopi dalam beberapa puluh tahun ke depan? Mungkin begini…

Pertanian Kopi akan Berkelanjutan

Konsumen akan menyadari bahaya kopi pabrikan, dan rasa tanggung jawab sosial pada akhirnya akan juga ditujukan untuk perkebunan kopi. Isu seperti upah petani dan perubahan iklim akan menjadi pengetahuan yang lebih umum. Karena sampai saat ini, petani tidak bisa mengendalikan harga kopinya, semua disamaratakan dengan kualitas yang ada di daerah lain walaupun pengolahan tiap daerah memiliki cara tersendiri. Di masa depan, konsumen akan lebih pintar untuk merujuk pada sustainable farming untuk mendapatkan kopi.

Kopi Akan  Tanpa Gula dan Susu

Kopi sebenarnya sudah punya jalur sendiri. Jalur meminum kopi yang baik dan benar, sehingga manfaat pada kopi itu sendiri dapat kita nikmati secara utuh. Ya, jalur meminum kopi yang benar ialah tanpa susu tanpa gula. Kalau kita berkaca pada kakek dan para orang tua, kopi yang mereka minum pasti kopi hitam, bukan ice blended atau minuman kopi fancy yang lainnya. Sesungguhnya, kopi yang dinikmati tanpa gula dan susu akan memberikan dampak luar biasa terhadap tubuh kita, antioksidan pada kopi akan bekerja dengan baik. Manfaat yang kamu dapat ketika minum kopi hitam, bisa kamu lihat di artikel kopling sebelumnya.

Proses Brewing Semakin Modern

Kemajuan teknologi di masa depan akan berdampak pada barang-barang di sekitar kita. Termasuk cara membuat kopi. Seringkali, kita tidak tahu bagaimana melakukan brewing yang tepat, suhu, volume, dan berat jenis kopi. Di beberapa tahun ke depan, bukanlah kesulitan. Karena dukungan teknologi, kita dapat melakukan brewing seperti barista. Tapi, tentu terdapat perbedaan kopi antara barista dan nonbarista yang buat.

Menghijaukan Bumi

Kopling pernah bahas tentang ini, di artikel sebelumnya ada plantable coffee cup. Inisiasi dari mahasiswa arsitektur yang membuat ide, cangkir pada kopi bisa ditanam. Ini adalah solusi sistemik untuk menghijaukan bumi. Dengan memanfaatkan penggunaan cup pada kopi yang semakin meningkat maka dapat dijadikan media untuk tanam yang akan menghijaukan lingkungan.

People will be willing to pay more

Dengan meningkatnya kepedulian terhadap kopi, orang akan rela untuk membayar lebih. Ini sebagai bentuk kepedulian dan penghargaan terhadap kopi yang semakin lama semakin membaik. Karena menikmati kopi bukan sekadar minum, tetapi ada filosofi yang patut dihargai.

 

Salam sruputh!

 

 

About author

No comments