Keunikan Minuman Kopi Ala Spanyol

0

Setiap negara pasti memiliki kultur kopi yang berbeda-beda dengan keunikannya sendiri. Kali ini, mengapa kita tidak berkunjung ke salah satu negara di sudut Eropa yang terkenal karena keeksotisannya, Spanyol.

Negara ini memang bukan penghasil biji kopi. Tapi kopinya juga lezat dan beragam. Orang Spanyol pun memiliki teknik khas dalam meracik minuman kopi. Hanya saja bukan tanpa sedikit kendala bagi orang asing untuk memesan kopi lezat tersebut, karena orang Spanyol memiliki cara yang berbeda-beda dalam memesan kopi mereka. Misalnya, sukses memesan kopi Madrid, belum tentu sukses pula di Andalusia misalnya atau wilayah lain karena pemakain istilah yang berbeda-beda.

Untungnya, ada beberapa istilah umum yang mungkin bisa menyelamatkan kita saat ingin memesan kopi tapi bingung bagaimana cara menyampaikan kepada barista kopi yang kita inginkan.

Istilah-Istilah Kopi Yang Umum Di Spanyol

Café con leche (sumber: wikipedia.org)

Sebelum kita masuk ke daftarnya, ada baiknya diketahui jika kopi paling umum di Spanyol adalah Café Solo, yang berarti single espresso, dan biasanya disajikan dalam cangkir yang kecil. Meski Café Solo merupakan kopi yang mewakili kopi secara mendasar di Spanyol, anehnya masyarakatnya jarang mengkonsumsi kopi jenis ini di pagi hari. Mereka malah memilih Café con Leche yang relatif lebih ringan, karena pada dasarnya adalah sebuah kopi susu dengan porsi masing-masing yang berimbang. Barulah setelah jam menunjukkan pukul 11 siang, mereka pun menyesap Café Solo.

Café con Leche disebut sebagai kopi terpopuler kedua di Spanyol, tapi sepertinya kopi ini sudah menjadi bagian keseharian mereka. Setiap ada kesempatan mereka selalu menyesapnya. Tidak hanya banguj tidur, tidak jarang diminum di malam hari atau teman bersantap.

Kalau merasa Café Solo terlalu minim porsinya, maka bisa diganti dengan Café Doble (double espresso). Mungkin saja rasanya dianggap terlalu keras, jadi sebagai alternatif bisa mencoba Americano yang sebenarnya adalah Café Solo dengan dosis air yang lebih banyak. Untuk yang menggemari kopi susu, maka Café Suizo adalah pilihan utama, yaitu Café Solo yang ditaburi whipped cream atau Carajillo, masih Café Solo, namun dicampur dengan brendi atau wiski. Yum!

Café Cortado (sumber: pbase.com)

Kopi lain yang patut untuk diingat adalah Café Cortado. Meski pada dasarnya ia adalah Café Solo dengan susu, namun berbeda dengan Café con Leche, porsi kopinya jauh lebih sedikit. Variasi lain, atau kebalikannya, adalah Café Manchada, dimana porsi susu jauh lebih mendominasi ketimbang kopinya.

Jadi, inilah daftar beberapa istilah minuman kopi yang awam di Spanyol:

  • ContCafé Solo – espresso
  • Café Doble – double espresso
  • Café con Leche – kopi dengan susu dengan komposisi setara, meski di wilayah tertentu porsinya bisa jadi berbeda
  • Café Cortado – espresso yang ditambag sedikit susu
  • Café con Hielo – espresso dengan es
  • Carajillo – espresso yang dicampur dengan sedikit brendi, wiski atau rum
  • TrifasicoCarajillo dengan sedikit susu, khas wilayah Katalan
  • Café BonbonCafé Solo dengan susu kental manis
  • Café Sombra – istilah untuk Café Manchada di Andalusia
  • Café Manchada – susu yang diberi sedikit kopi
  • Café Americano – kopi hitam besar atau Café Solo dengan porsi air yang banyak
  • Café Suizo – kopi dengan whipped cream
  • Café Caramel – espresso dengan susu kental

Istilah ini tidak mencakup semua tipe dan jenis minuman kopi di Spanyol, tapi cukup membantu bagi pemula yang mengunjungi negara tersebut dan ingin mencicipi kopinya.

Fakta Menarik Lain Tentang Kopi Di Spanyol

Selain “keruwetan” istilah di atas, ada hal lain yang membuat minuman kopi di Spanyol unik. Tomar un café atau kopi merupakan hal paling umum dan mendasar dari keseharian masyarakatnya. Terlepas dari kualitas dan keberagamannya, kopi di Spanyol diroast dan dicampur dengan cara yang khas. Kopi merepresentasikan lebih dari sekedar minuman, namun sebagai cara untuk bersantai dan merayakan hidup.

Pilihan menu di salah satu cafe di Malaga (sumber: discovermalaga.com)

Sebagai turis yang memiliki kegemaran meminum kopi, jangan takut tidak akan bisa menyesap kesukaan kita ini, karena nyaris di setiap sudut Spanyol menyediakannya. Selalu ada cafe, restoran, bar, klub, pub dan seterusnya. Bahkan Malaga, yang terletak di Costa de Sol, tercatat sebagai daerah dengan jumlah cafe terbanyak di dunia.

Orang Spanyol dikenal karena kesederhanaanya dalam menjalani hidup. Mereka bisa memisahkan antara kesulitan hidup dengan kesenangan yang ditawarkannya pula. Dan kopi memainkan peranan penting di dalamnya. Sebuah kenikmatan sederhana yang siapa saja bisa menikmatinya dan kaya rasa, sesuatu yang dianggap penting dalam kultur masyarakat Spanyol.

Bersama kopi di tangan, orang Spanyol bisa terlibat dalam percakapan yang seru dan membangkitkan mood rekreasioanl yang riang. Jadi, di Spanyol, minum kopi adalah bagian dari kebahagiaan. Sesuatu yang seharusnya menjadi bagian dari kita semua juga.

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

No comments

Pothole Project

Ada sebuah proyek seni yang sangat menarik bernama “Project Pothole” yang digagas oleh Juliana Santacruz Herrera. Dia membuat lubang-lubang di jalanan kota Paris menjadi sebuah ...