Art

Sekilas Tentang Ilustrator Medis

Kapan terakhir kali kamu mempelajari anatomi tubuh manusia? Kebanyakan orang mempelajari dasar-dasar anatomi manusia sewaktu anak-anak. Di saat sekolah kita diberitahu banyak mengenai anatomi oleh guru, orang tua, bahkan dokter ketika sakit. Tapi, semua yang mempelajari biologi pasti mempelajari juga anatomi tubuh manusia. Nah, ketika kamu mempelajari anatomi tubuh dari buku, siapa yang pernah melihat credit dari foto tersebut? Ya, orang yang melakukan ilustrasi mengenai anatomi tubuh. Mereka adalah medical illustrator. Mereka membantu teman-teman dokter melukis apa yang ada pada tubuh kita, seperti aliran darah, sendi-sendi, dan hal mendetail lain.

the-scientist.com

the-scientist.com

Adalah Vanessa Ruiz, seorang medical illustrator yang sering dimintai tolong oleh dokter dan ilmuwan untuk melakukan penggambaran. Ia mengakui, kalau ilustrasi-ilustrasi yang ada di buku kedokteran banyak yang tidak mendapatkan perhatian lebih. Bahkan, kebanyakan dari yang melihat ilustrasi tersebut menduga kalau itu murni dari komputer atau hasil scan.

Ruiz adalah orang yang aktif di Street Anatomy, sebuah blog yang mengumpulkan karya-karya seni dan ilustrasi medis. Tak hanya soal medis, di situs itu juga tersedia anatomi tubuh dalam nuansa pop culture. Keren, ya? Tapi, Ruiz bisa dibilang ilustrator baru mengenai ini.

frank netter

frank netter

MSK_NEW

Sebelumnya, ada Frank Netter, ia adalah dokter sekaligus medical illustrator. Anak-anak kedokteran pasti familiar dengan nama ini. Ia pernah mengais ilmu di sekolah seni juga sekolah kedokteran. Pada 1937, Ia bekerja pada perusahaan ilustrasi dan ada lebih dari 4.000 ilustrasi yang telah dibuat oleh Netter selama karirnya, yang mana model dari ilustrasinya adalah pasiennya sendiri. atas ilustrasinya di dunia kedokteran, oleh Saturday Evening Post ia disebut sebagai Michaelangelo of Medicine.

Orang pertama yang melakukan ilustrasi ini adalah Andreas Vesailus, pada tahun 1500an ia menerbitkan buku anatomi tubuh berdasarkan model manusia asli.

401

Ilustrator medis menciptakan karya seni yang secara visual menyenangkan tapi tidak menakutkan serta menjadi bahan kajian medis dan ilmiah yang akurat. Ilustrasi medis tersedia dalam bentuk 2D, 3D, dan storyboard. Seorang ilustrator medis adalah seniman profesional dengan pendidikan khusus. Bayangkan saja jika Frank Netter itu menggambar salah, sedangkan gambar yang ia buat menjadi acuan buku-buku kedokteran. Ilustrator medis adalah penerjemah visual yang menginformasikan apa yang ada pada tubuh kita.

Banyak orang yang tidak tahu letak bagian limfa mereka, ginjal mereka, dan apa-apa saja yang ada dalam tubuh kita. Vanessa Ruiz mungkin lanjutan dari ilustrator medis terkenal, Frank Netter. Keberadaan mereka sangatlah penting mengingat ilustrasi yang menarik dan mendetail amat dibutuhkan untuk keperluan medis maupun ilmiah.

Apakah kamu tertarik menjadi salah satunya?

About author

Rory McEwen: Seniman Botani

Banyak orang yang bilang bahwa cinta itu bisa dikatakan dengan bunga, tapi ada seseorang yang mengatakan cinta bukan cuma dengan bunga, tapi juga dengan dedaunan, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official